IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZERS MELALUI STRATEGI ELABORASI

DWI IMAWATI - NIM. 07680040, (2011) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZERS MELALUI STRATEGI ELABORASI. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui keterlaksanaan pembelajaran biologi menggunakan advance organizers melalui strategi elaborasi dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa, 2) mengetahui banyaknya siklus yang dibutuhkan untuk mencapai peningkatan pemahaman konsep siswa kelas X B MA Ibnul Qoyyim Putri pada materi pokok ekosistem, 3) mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa MA Ibnul Qoyyim Putri kelas X B setelah melaksanakan pembelajaran menggunakan model pembelajaran advance organizers melalui strategi elaborasi. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research/CAR). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X B MA Ibnul Qoyyim Putri tahun pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 18 siswa. Keberhasilan penelitian ini ditunjukkan oleh keberhasilan proses dan keberhasilan produk. Keberhasilan proses meliputi peningkatan aktivitas siswa yang diperoleh melalui lembar observasi, sedangkan keberhasilan produk meliputi peningkatan pemahaman konsep yang diperoleh dari nilai pre-tes dan post-tes. Data aktivitas siswa dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan memaparkan persentase rata-rata aktivitas siswa yang meningkat pada siklus II. Data kemampuan pemahaman konsep siswa yang diperoleh dari hasil pre-tes dan post-tes dicari effect size, yaitu rerata nilai post-tes siklus I dan rerata nilai post-tes siklus II. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran biologi menggunakan model pembelajaran advance organizers melalui strategi elaborasi dapat terlaksana dengan baik sesuai sintaks pembelajaran advance organizers melalui strategi elaborasi berdasarkan peningkatan aktivitas siswa dan peningkatan nilai post-tes dari siklus I dan siklus II. Aktivitas siswa mengalami peningkatan sebesar 20,54 % pada siklus II. Rata-rata nilai pre-tes sebesar 4,83, rata-rata nilai post-tes siklus I adalah 7,44, dan rata-rata nilai post-tes siklus II adalah 8,00. Jadi, pemahaman konsep siswa mengalami peningkatan dari tiap siklusnya dengan effect size sebesar 0,56. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Sudjoko, M. S.
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Advance Organizers, Strategi Elaborasi, Pemahaman Konsep.
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 23:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6348

Actions (login required)

View Item View Item