PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CERPEN KIMIA UNTUK SMA/MA KELAS XI SEMESTER 1

ECEP MULYANA - NIM. 06670017, (2011) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CERPEN KIMIA UNTUK SMA/MA KELAS XI SEMESTER 1. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CERPEN KIMIA UNTUK SMA/MA KELAS XI SEMESTER 1/)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (718kB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CERPEN KIMIA UNTUK SMA/MA KELAS XI SEMESTER 1/)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan di bidang pendidikan kimia. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran cerpen kimia untuk SMA/MA kelas XI semester 1 yang memenuhi kriteria kualitas media pembelajaran yang baik dan mengetahui kualitas media pembelajaran cerpen kimia yang dikembangkan berdasarkan penilaian lima guru kimia SMA/MA. Model pengembangan yang digunakan adalah model prosedural, yaitu model yang bersifat deskriptif, menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Media pembelajaran cerpen kimia yang disusun terdiri dari empat bab, yaitu: (1) Struktur Atom, Sistem Periodik, Ikatan Kimia; (2) Termokimia; (3) Laju Reaksi; (4) Kesetimbangan Kimia. Produk awal media pembelajaran cerpen kimia ditinjau dan diberi masukan oleh ahli media dan peer reviewer. Kualitas media pembelajaran cerpen kimia dinilai oleh lima guru kimia SMA/MA dengan mengisi angket penilaian yang berisi 8 aspek penilaian, yaitu pendekatan penulisan, kebenaran konsep, kedalaman konsep, keluasan konsep, keterlaksanaan, kebahasaan, anatomi cerpen, dan tampilan menyeluruh. Hasil penelitian pengembangan ini adalah media pembelajaran cerpen kimia untuk SMA/MA kelas XI semester 1. Kualitas media pembelajaran cerpen kimia berdasarkan pada penilaian lima guru kimia SMA/MA terhadap aspek pendekatan penulisan, kebenaran konsep, kedalaman konsep, keluasan konsep, keterlaksanaan, kebahasaan, anatomi cerpen, dan tampilan menyeluruh memiliki kualitas Sangat Baik (SB) dengan nilai rata-rata 125,80, sehingga cerpen kimia layak digunakan sebagai sumber belajar penunjang dan media pembelajaran bagi peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr. Das Salirawati, M.Si.
Uncontrolled Keywords: pengembangan, media pembelajaran, cerpen kimia
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 21 May 2013 11:47
Last Modified: 19 Feb 2016 03:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6349

Actions (login required)

View Item View Item