PENGARUH PENGGUNAAN METODE ACTIVE LEARNING “INDEX CARD MATCH” TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI ARKHAEBAKTERIA DAN EUBAKTERIA KELAS X MAN PURWODADI SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2010/2011

ENI YULIATI - NIM. 06680012, (2011) PENGARUH PENGGUNAAN METODE ACTIVE LEARNING “INDEX CARD MATCH” TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI ARKHAEBAKTERIA DAN EUBAKTERIA KELAS X MAN PURWODADI SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENGGUNAAN METODE ACTIVE LEARNING “INDEX CARD MATCH” TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI ARKHAEBAKTERIA DAN EUBAKTERIA KELAS X MAN PURWODADI SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2010/2011)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENGGUNAAN METODE ACTIVE LEARNING “INDEX CARD MATCH” TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI ARKHAEBAKTERIA DAN EUBAKTERIA KELAS X MAN PURWODADI SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2010/2011)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (480kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan metode Active Learning Index Card Match terhadap minat dan kemampuan kognitif siswa kelas X MAN Purwodadi tahun ajaran 2010/2011. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MAN Purwodadi tahun ajaran 2010/2011. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Penelitian ini termasuk penelitian quasi experiment dengan teknik pengambilan simple random sampling. Penetapan kelas kontrol dan eksperimen dilakukan secara acak. Instrument yang digunakan adalah angket minat dan tanggapan siswa serta tes kemampuan kognitif terhadap metode yang dikembangkan. Hasil analisis data penelitian dengan menggunakan uji non parametrik karena data tidak berdistribusi normal, yaitu menggunakan analisis uji two independent samples test dengan uji Mann-Whitney U untuk menghitung ada tidaknya pengaruh penggunaan metode pembelajaran Active Learning Index Card Match terhadap minat belajar siswa dan kemampuan kognitif, sedangkan hubungan minat dengan kemampuan kognitif siswa di uji dengan Correlate Spearman. Hasil analisis minat menunjukkan nilai Z sebesar -0,512 dengan signifikansi 2-tailed 0,604. Berarti hal tersebut menunjukkan bahwa tidak terdapat adanya pengaruh metode pembelajaran Active Learning Index Card Match terhadap minat belajar siswa kelas X MAN Purwodadi. Sementara itu, hasil uji analisis kemampuan kognitif siswa diperoleh nilai Z sebesar -7,344 dengan signifikansi 2-tailed 0,000, berarti hal tersebut menunjukkan adanya pengaruh penggunaan metode Active Learning Index Card Match terhadap kemampuan kognitif siswa MAN Purwodadi. Selain itu, berdasarkan angket yang diberikan menunjukkan adanya respon positif siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan metode Active Learning Index Card Match. Bertitik tolak dari penelitian ini maka, dalam pembelajaran IPA Biologi guru diharapkan dapat menerapkan metode pembelajaran Active Learning Index Card Match dengan melakukan inovasi-inovasi dalam pembelajaran. Selain itu perlu dilakukan penelitian lanjutan tentang pengaruh penggunaan metode Active Learning Index Card Match terhadap hasil belajar yaitu kemampuan afektif dan psikomotor siswa jika pembelajaran dilakukan dengan metode pembelajaran yang lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Yuni Wibowo, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Index Card Match , minat belajar, kemampuan kognitif hasil belajar.
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 28 Mar 2013 08:49
Last Modified: 01 Mar 2016 05:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6351

Actions (login required)

View Item View Item