PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA ASPEK KIMIA UNTUK SMP/MTs KELAS VIII SEMESTER 1 MATERI POKOK BAHAN KIMIA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI (BERDASARKAN STANDAR ISI)

IFROKHATUL FUAT - NIM. 06670036, (2011) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA ASPEK KIMIA UNTUK SMP/MTs KELAS VIII SEMESTER 1 MATERI POKOK BAHAN KIMIA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI (BERDASARKAN STANDAR ISI). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA ASPEK KIMIA UNTUK SMP/MTs KELAS VIII SEMESTER 1 MATERI POKOK BAHAN KIMIA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI (BERDASARKAN STANDAR ISI))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA ASPEK KIMIA UNTUK SMP/MTs KELAS VIII SEMESTER 1 MATERI POKOK BAHAN KIMIA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI (BERDASARKAN STANDAR ISI))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan menyusun Lembar Kerja Siswa Kimia sebagai bahan ajar kimia untuk SMP/MTs Kelas VIII Semester 1 Berdasarkan Standar Isi. Selain itu, untuk menilai Lembar Kerja Siswa aspek Kimia yang memenuhi kriteria Lembar kerja Siswa yang berkualitas menurut penilaian guru kimia SMP/MTs, SMA/MA, dan respon peserta didik SMP/MTs. Model pengembangan dalam penelitian ini adalah prosedural. Prosedur pengembangan lembar kerja siswa yang terdiri atas tiga tahap, yaitu tahap perencanaan, palaksanaan, dan evaluasi. Masing-masing tahapan tersebut terdiri atas beberapa langkah penelitian. Lembar kerja siswa diberi masukan oleh 1 orang dosen pembimbing, 2 orang ahli media, dan 3 orang teman sejawat (peer reviewer). Lembar kerja siswa ini kemudian dinilai kualitasnya oleh 3 orang guru Kimia SMP/MTs dan 2 orang guru SMA/MA, serta respon 10 peserta didik SMP/MTs. Penilaian lembar kerja siswa didasarkan pada 7 aspek penilaian, yaitu: pendekatan penulisan, kebenaran konsep, kedalaman materi, kejelasan kalimat dan tingkat keterbacaan, muatan SI, evaluasi, dan penampilan fisik LKS. Data nilai kualitas yang diperoleh masih dalam bentuk deskriptif kemudian diubah menjadi skor. Skor rata-rata LKS diubah menjadi kategori nilai sehingga kualitas LKS dapat ditentukan melalui konversi skor rata-rata data dengan kategori nilai tersebut. Hasil penelitian pengembangan ini tersusunnya LKS kimia dengan karakteristik LKS full colour, terdiri dari ringkasan materi, info kimia, uji kompetensi, soal teka-teki, dan soal menjodohkan. Kualitas LKS yang telah disusun berdasarkan penilaian guru diperoleh skor rata-rata 95,6 atau persentase keidealan 83,13%, dengan kriteria kualitas Baik (B) dan hasil respon peserta didik diperoleh skor rata-rata sebesar 38,2 atau persentase keidealan 84,89%, LKS tersebut memiliki skor dengan kriteria kualitas Sangat Baik (SB).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: amp;#65279;Jamil Suprihatiningrum, M. Pd. Si.
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Siswa, penelitian pengembangan, bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 21 May 2013 18:36
Last Modified: 19 Feb 2016 11:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6361

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum