PENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM KIMIA SMA-MA KELAS XI SEMESTER 2 BERDASARKAN STANDAR ISI 2006

LAILA MIFTAHUL KHASANAH - NIM.06670029, (2011) PENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM KIMIA SMA-MA KELAS XI SEMESTER 2 BERDASARKAN STANDAR ISI 2006. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM KIMIA SMA/MA KELAS XI SEMESTER 2 BERDASARKAN STANDAR ISI 2006)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (723kB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM KIMIA SMA/MA KELAS XI SEMESTER 2 BERDASARKAN STANDAR ISI 2006)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (845kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan prosedural. Penelitian ini bertujuan menyusun Buku Petunjuk Praktikum Kimia SMA/MA Kelas XI Semester 2 Berdasarkan Standar Isi 2006 yang dapat dipakai sebagai sumber belajar penunjang dalam pembelajaran kimia. Selain itu, untuk mengetahui kualitas Buku Petunjuk Praktikum Kimia berdasarkan Standar Isi 2006. Kualitas buku petujuk praktikum ini berdasarkan penilaian 3 guru kimia SMA/MA dan 10 peserta didik SMA/MA kelas XI. Prosedur pengembangan buku petunjuk praktikum terdiri atas empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan penilaian produk. Buku petunjuk praktikum diberi masukan oleh 1 orang dosen pembimbing, 3 orang teman sejawat (peer reviewer), 1 orang ahli media, dan 1 orang ahli materi. Buku petunjuk praktikum ini kemudian dinilai kualitasnya oleh 3 orang guru kimia SMA/MA dan 10 peserta didik SMA/MA kelas XI di Yogyakarta. Penilaian yang dilakukan oleh guru meliputi 8 aspek penilaian dengan 26 indikator penilaian. Penilaian yang dilakukan oleh peserta didik hanya meliputi 2 aspek dengan 10 indikator penilaian. Hasil penilaian berupa data kualitatif kemudian ditabulasi dan dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas buku petunjuk praktikum. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa buku petunjuk praktikum yang telah dikembangkan mempunyai kualitas sangat baik (SB) menurut penilaian guru. Kualitas buku petunjuk praktikum yang telah disusun diperoleh skor rata-rata 110,33 dengan persentase keidealan 84,87% dan penilaian menurut peserta didik diperoleh skor rata-rata 39,70 dengan persentase keidealan 79,40 %, sehingga buku petunjuk praktikum ini dapat dikategorikan mempunyai kualitas baik (B).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Shidiq Premono, S.Pd.I,
Uncontrolled Keywords: buku petunjuk praktikum, penelitian pengembangan, Standar Isi 2006
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 21 May 2013 16:16
Last Modified: 19 Feb 2016 11:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6369

Actions (login required)

View Item View Item