PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE QUESTION STUDENT HAVE TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIOLOGI MATERI VIRUS KELAS X SMA NEGERI 1 BANGUNTAPAN

LULUK INFAJARO - NIM. 06680015, (2011) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE QUESTION STUDENT HAVE TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIOLOGI MATERI VIRUS KELAS X SMA NEGERI 1 BANGUNTAPAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE QUESTION STUDENT HAVE TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIOLOGI MATERI VIRUS KELAS X SMA NEGERI 1 BANGUNTAPAN)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE QUESTION STUDENT HAVE TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIOLOGI MATERI VIRUS KELAS X SMA NEGERI 1 BANGUNTAPAN)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian pengaruh penerapan model pembelajaran kooperative tipe question student have terhadap prestasi belajar biologi materi virus kelas X SMA Negeri 1 Banguntapan bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh penggunaan model pembelajaran tipe Question Student Have terhadap prestasi siswa di SMA Negeri 1 Banguntapan pada materi virus, 2) Penggunaan model pembelajaran tipe Question Student Have dapat membuat siswa menjadi lebih tertarik dan merasa senang dalam belajar Biologi. Penelitian ini merupakan suatu penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Banguntapan tahun ajaran 2010/2011. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling yaitu kelas XA sebagai kelas kontrol dan kelas XD sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian ini adalah berupa soal-soal test berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 item dan lembar angket tanggapan siswa. Hasil belajar siswa kelompok kontrol dan kelompok kelas eksperimen setelah pembelajaran pada materi virus terdapat perbedaan, rerata nilai test akhir untuk kelompok kontrol yaitu 7.8405 dan untuk kelompok eksperimen rerata nilai test akhirnya adalah 8.3054. Setelah diuji secara statistik ternyata terdapat perbedaan yang signifikan (p 0.05) antara kelompok kontrol dan eksperimen. Untuk tanggapan siswa pada kelas eksperimen terhadap model pembelajaran kooperatif tipe Question Student Have yaitu sangat baik 2,7%, baik 54,05%, cukup baik 40,55%, kurang 2,7% dan kurang baik 0%. Ini berarti penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Question Student Have mendapat tanggapan baik dari siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Drs. Satino, M.Si.
Uncontrolled Keywords: prestasi belajar, virus,pembelajaran kooperatif tipe Question Student Have
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 28 Mar 2013 08:44
Last Modified: 02 Mar 2016 02:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6370

Actions (login required)

View Item View Item