PROFESIONALISME GURU AQIDAH AKHLAK DAN HUBUNGANNYA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MTsN YOGYAKARTA II

AAN NURSANI JAMILAH - NIM. 05410197 , (2011) PROFESIONALISME GURU AQIDAH AKHLAK DAN HUBUNGANNYA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MTsN YOGYAKARTA II. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (961kB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (810kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat profesionalisme guru aqidah akhlak serta hubungannya dengan prestasi belajar siswa MTs Negeri Yogyakarta II, khususnya kelas VIII. Kompetensi guru yang diteliti meliputi: kemampuan merencanakan program pembelajaran, kemampuan menguasai bahan pelajaran, kemampuan melaksanakan-mengelola proses pembelajaran dan kemampuan menilai kemajuan proses pembelajaran. Sedangkan prestasi belajar pada penelitian ini di ambil dari nilai rapot siswa kelas VIII pada mata pelajaran aqidah akhlak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, yang analisis datanya menggunakan rumus product moment. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas VIII MTs Negeri Yogyakarta II yang di ambil sebanyak 25% dari data yang ada, yaitu 46 siswa dari 185 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis instrumen meliputi validitas dan reliabilitas. hasil analisis validitas menunjukkan bahwa semua soal yang berjumlah 25 butir pertanyaan yang telah diujicobakan menghasilkan 24 butir pernyataan yang valid, sedangkan hasil analisis reliabilitas menunjukkan koefisien reliabilitas sebesar 0,851 (r11 0,194) dan dinyatakan reliabel. Analisis data menggunakan analisis korelasi dengan menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Tingkat profesionalisme guru aqidah akhlak di MTsN Yogyakarta dari hasil angket tergolong sedang, yaitu antara 46.4 - 59.6 sebanyak 20 siswa dari 46 siswa yang menjadi responden. 2) Prestasi belajar siswa MTsN yogyakarta khususnya untuk mata pelajaran aqidah akhlak berada pada kategori sedang. 3) Ada hubungan positif yang signifikan antara profesionalisme guru aqidah akhlak dengan prestasi belajar siswa kelas VIII MTsN Yogyakarta II. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Dr. Tasman Hamami, M.A.
Uncontrolled Keywords: Profesionalisme Guru , Presatasi Belajar
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 23 Jul 2013 18:11
Last Modified: 20 Mar 2017 10:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6376

Actions (login required)

View Item View Item