REKONTRUKSI PENDIDIKAN ISLAM (Telaah Problematika Dikotomi Pendidikan Menurut Muhaimin)

ANDI SASTRA - NIM. 06470003 (2011) REKONTRUKSI PENDIDIKAN ISLAM (Telaah Problematika Dikotomi Pendidikan Menurut Muhaimin). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Other (REKONTRUKSI PENDIDIKAN ISLAM (Telaah Problematika Dikotomi Pendidikan Menurut Muhaimin))
ANDI SASTRA - NIM. 06470003 REKONTRUKSI PENDIDIKAN ISLAM (Telaah Problematika Dikotomi Pendidikan Menurut Muhaimin).PDF
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini memiliki latar belakang bahwa pendidikan Islam di era perubahan telah kehilangan hakekatnya karena paradigma yang dipakai tidak bisa menampilkan wajah Islam secara menyeluruh dan berakibat pada dikotomi pendidikan, sehingga menimbulkan dualisme pendidikan yang membedahkan antara pendidikan agama dan pendidikan umum. Rekontruksi pendidikan Islam belum bisa terlepas dari isu sekulerisme dan materialisme pendidikan. Sekulerisme pendidikan bersumber dari jejak tradisi barat di mana bagi kebanyakan orang muslim kontemporer melihat realitas proses pendidikan Barat modern telah bergeser dari nilai-nilai fitrah kemanusiaan dan menyimpang dari tujuan yang semestinya bahkan menafikan nilai-nilai agama. Maka isu agama seolah menjadi terpisah dari isu sains (ilmu pengetahuan). Disisi yang lain materialisme pendidikan mengarahkan orientasi pendidikan pada tindakan pragmatis belaka, berorientasi pada kepentingan sesaat berjangka pendek atau lebih berorientasi hasil ketimbang memperhitungkan proses. Disinilah dikotomi keilmuan bermula sehingga menghasilkan pendidikan yang bersifat dikotomi, Pendidikan harus dipisahkan dari akar agama dan juga, agama tidak boleh melakukan intervensi terhadap kepentingan duniawi. Sangat ironis, bagaimana mungkin keberadaan agama dianggap tidak berperanan penting dalam menentukan esensi dan masa depan dunia. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library reseach. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Filosofis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan kajian pustaka, maka dalam melakukan pengumpulan data, peneliti menggunakan metode cara menuliskan, mengedit, mengklasifikasi, mereduksi, dan menyajikan data yang diperoleh dari sumber tertulis. Hasil dari penelitian ini berupa rekontruksi pendidikan Islam, telaah problematika dikotomi pendidikan menurut Muhaimin, serta rekontruksi pendidikan Islam belum bisa terlepas dari isu sekulerisme dan materialisme. Penelitian ini berusaha mereposisi serta merekontruksi pendidikan Islam di tengah persaingan global dan krisis multidimensional, dan penghampusan dikotomi antara ilmu agama dan ilmu-ilmu umum dengan merombak paradigma yang sudah mapan menuju paradigma organisme dan sistemik, mengintegrasikan pendidikan Islam ke dalam sisdiknas. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Muhammad Qowim, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Dikotomi Pendidikan , Rekontruksi Pendidikan Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 23 Jul 2013 21:05
Last Modified: 28 Jul 2017 10:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6379

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum