REKONTRUKSI PENDIDIKAN ISLAM (Telaah Problematika Dikotomi Pendidikan Menurut Muhaimin)

ANDI SASTRA - NIM. 06470003 , (2011) REKONTRUKSI PENDIDIKAN ISLAM (Telaah Problematika Dikotomi Pendidikan Menurut Muhaimin). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img] Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1822Kb)
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (886Kb)
[img] Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1822Kb)
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf

Download (886Kb)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0b)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0b)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0b)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0b)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0b)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0b)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0b)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0b)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt

Download (0b)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt
Restricted to Repository staff only

Download (0b)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt

Download (0b)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt

Download (0b)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0b)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0b)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0b)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0b)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0b)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0b)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0b)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0b)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt

Download (0b)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt
Restricted to Repository staff only

Download (0b)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt

Download (0b)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt

Download (0b)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini memiliki latar belakang bahwa pendidikan Islam di era perubahan telah kehilangan hakekatnya karena paradigma yang dipakai tidak bisa menampilkan wajah Islam secara menyeluruh dan berakibat pada dikotomi pendidikan, sehingga menimbulkan dualisme pendidikan yang membedahkan antara pendidikan agama dan pendidikan umum. Rekontruksi pendidikan Islam belum bisa terlepas dari isu sekulerisme dan materialisme pendidikan. Sekulerisme pendidikan bersumber dari jejak tradisi barat di mana bagi kebanyakan orang muslim kontemporer melihat realitas proses pendidikan Barat modern telah bergeser dari nilai-nilai fitrah kemanusiaan dan menyimpang dari tujuan yang semestinya bahkan menafikan nilai-nilai agama. Maka isu agama seolah menjadi terpisah dari isu sains (ilmu pengetahuan). Disisi yang lain materialisme pendidikan mengarahkan orientasi pendidikan pada tindakan pragmatis belaka, berorientasi pada kepentingan sesaat berjangka pendek atau lebih berorientasi hasil ketimbang memperhitungkan proses. Disinilah dikotomi keilmuan bermula sehingga menghasilkan pendidikan yang bersifat dikotomi, Pendidikan harus dipisahkan dari akar agama dan juga, agama tidak boleh melakukan intervensi terhadap kepentingan duniawi. Sangat ironis, bagaimana mungkin keberadaan agama dianggap tidak berperanan penting dalam menentukan esensi dan masa depan dunia. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library reseach. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Filosofis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan kajian pustaka, maka dalam melakukan pengumpulan data, peneliti menggunakan metode cara menuliskan, mengedit, mengklasifikasi, mereduksi, dan menyajikan data yang diperoleh dari sumber tertulis. Hasil dari penelitian ini berupa rekontruksi pendidikan Islam, telaah problematika dikotomi pendidikan menurut Muhaimin, serta rekontruksi pendidikan Islam belum bisa terlepas dari isu sekulerisme dan materialisme. Penelitian ini berusaha mereposisi serta merekontruksi pendidikan Islam di tengah persaingan global dan krisis multidimensional, dan penghampusan dikotomi antara ilmu agama dan ilmu-ilmu umum dengan merombak paradigma yang sudah mapan menuju paradigma organisme dan sistemik, mengintegrasikan pendidikan Islam ke dalam sisdiknas. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Muhammad Qowim, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Dikotomi Pendidikan , Rekontruksi Pendidikan Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 1 not found.
Date Deposited: 23 Jul 2013 14:05
Last Modified: 23 Jul 2013 14:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6379

Actions (login required)

View Item View Item