IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E BERBANTUAN LKS UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

MOHAMMAD IZZUDIN, NIM.: 04430962 (2011) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E BERBANTUAN LKS UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E BERBANTUAN LKS UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA ····.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E BERBANTUAN LKS UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif. Hal-hal yang menjadi latar belakang penelitian adalah masih berjalannya pola pembelajaran konvensional yang berpusat pada guru sedangkan siswa hanya sebagai objek pembelajaran, sehingga tingkat keaktifan siswa dalam proses pembelajaran matematika sangat kurang. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan model pembelajaran learning cycle 5E (Engagement, Exploration, Explanation, Elaboration/extention, dan Evaluation) berbantuan LKS untuk meningkatkan keaktifan dalam pembelajaran matematika siswa kelas IV MI Miftahul Falah Randusanga Kulon Brebes. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MI Miftahul Falah Randusanga Kulon Brebes yang berjumlah 25 siswa. Objek penelitiannya adalah pelaksanaan model pembelajaran learning cycle 5E berbantuan LKS. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari tiga kali pertemuan setiap siklusnya, dengan rincian dua kali pemberian materi dengan model pembelajaran learning cycle 5E berbantuan LKS dan satu kali tes evaluasi siklus. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi keaktifan siswa, angket keaktifan siswa, observasi keterlaksanaan pembelajaran, hasil wawancara, catatan lapangan, hasil tes evaluasi siklus, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika dengan model pembelajaran learning cycle 5E berbantuan LKS. Peningkatan keaktifan siswa ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan aspek-aspek keaktifan siswa yang diteliti yaitu: (a) Listening activities sebesar 6,25 %, (b) Writing activities sebesar 18,75 %, (c) Oral activities sebesar 18,75 %, (d) Emotional activities sebesar 5,75 %, (e) Visual activities sebesar 43,75 %. Hanya aspek Mental activities yang tidak mengalami peningkatan. Besar rata-rata persentase peningkatan keaktifan siswa pada penelitian ini sebesar 15,54 %. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Hj. Sri Utami Zuliana, S. Si., M. Sc. 2. Iwan Kuswidi, S.Pd. I., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Learning cycle 5E , LKS, Keaktifan siswa, pembelajaran matematika
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 26 Jul 2023 14:47
Last Modified: 26 Jul 2023 14:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6386

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum