NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM SINETRON PARA PENCARI TUHAN JILID 3

AHMAD SOBARI - NIM. 0241 1259 , (2011) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM SINETRON PARA PENCARI TUHAN JILID 3. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Salah satu fungsi pendidikan ialah menumbuhkembangkan nilai-nilai insaniah dan ilahiah pada subyek didik dan satuan sosial masyarakat. Untuk menumbuhkembangkan nilai-nilai dalam Pendidikan Agama Islam pada kenyataannya bukanlah hal yang mudah. Salah satunya karena kuatnya pengaruh lingkungan terhadap peserta didik. Peserta didik pada saat ini tidak hanya belajar dari apa yang mereka peroleh dari bangku sekolah saja, tetapi juga dari apa yang dapat mereka akses melalui media-media informasi, seperti majalah, film, internet dan terutama televisi. Salah satu acara televisi yang paling banyak ditonton oleh berbagai lapisan masyarakat, termasuk para remaja adalah sinetron. Sayangkan tayangan sinetron pada saat ini justru cenderung menimbulkan berbagai ekses negatif, diantaranya: hedonisme, penampilan fisik dan cara berpakaian yang seronok, pergaulan bebas dengan lawan jenis, hilangnya rasa hormat kepada orang tua dan guru, dan lain sebagainya. Jika sinetron-sinetron yang buruk bisa menginternalisasikan nilai-nilai negatif pada pemirsa, tentu tidak mustahil untuk mendapatkan nilai-nilai positif termasuk nilai-nilai Pendidikan Islam dari tayangan sinetron yang baik. Masalahnya, dalam situasi di mana tayangan televisi didominasi sinetron-sinetron yang tidak mendidik, bukan hal yang mudah untuk memilah sinetron mana yang relatif lebih baik dan mengandung nilai-nilai edukatif dalam hal ini nilai-nilai Pendidikan Islam. Sehubungan dengan hal tersebut, penulis memandang perlu adanya sebuah kajian tentang sinetron dengan meneliti nilai-nilai Pendidikan Islam yang ada di dalamnya. Dalam hal ini penulis mengambil obyek Sinetron Para Pencari Tuhan Jilid 3. Penelitian yang penulis lakukan termasuk dalam jenis penelitian deskriptif, dengan pendekatan pragmatis, yaitu salah satu dari empat pendekatan kritis terhadap karya sastra menurut teori Abrams. Obyek penelitian ini adalah nilai-nilai Pendidikan Islam yang terdapat dalam Sinetron Para Pencari Tuhan Jilid 3. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, sedangkan metode analisis data dilakukan dengan metode Content Analysis (Analisis Isi) atau analisis dokumen. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh kesimpulan: Dalam sinetron Para Pencari Tuhan Jilid 3, terdapat nilai-nilai Pendidikan Islam: 1) Nilai-nilai akidah-keimanan, meliputi: iman kepada Allah, Kitab Allah, Rasul Allah dan hari akhir, 2) Nilai-nilai syari'ah, meliputi: ibadah shalat, haji, larangan khamr, perkawinan, dan menutup aurat. 3) Nilai-nilai akhlak, antara lain: akhlak kepada Allah SWT, meliputi: sabar, dan syukur, akhlak pribadi, meliputi: istiqomah dan ikhtiyar, akhlak dalam keluarga, meliputi birrul walidain dan mendidik anak, akhlak bermasyarakat, meliputi: tolong-menolong, kasih sayang, menebarkan salam, memberi maaf, dan memanggil dengan panggilan yang baik. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Dr. Sabarudin, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam , Sinetron Para Pencari Tuhan
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6387

Actions (login required)

View Item View Item