PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTs MUHAMMADIYAH WATES KULON PROGO

BASID - NIM. 06410091 , (2011) PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTs MUHAMMADIYAH WATES KULON PROGO. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Latar belakang penelitian ini adalah bahwa dalam dunia pendidikan guru merupakan figur sentral dalam penyelenggaraan pendidikan, karena guru adalah sosok yang sangat diperlukan untuk memacu keberhasilan peserta didiknya. Betapapun baiknya kurikulum yang dirancang para ahli dengan ketersediaan peralatan dan biaya yang cukup sesuai dengan pendidikan, namun pada akhirnya keberhasilan pendidikan secara profesional terletak ditangan guru. Oleh karena itu guru perlu berusaha untuk tumbuh baik secara pribadi maupun secara profesi. Pengembangan profesionalisme guru merupakan kebutuhan yang amat mendasar dalam upaya mewujudkan pengelolaan pendidikan yang bermutu. Dengan demikian, pengembangan profesioanalisme guru menjadi suatu yang sangat urgen untuk dilakukan dalam penataan guru dan tenaga kependidikan. Karena hanya dengan pengembangan profesionalisme seorang guru akan bisa memberikan kontribusinya yang berarti bagi upaya perbaikan kualitas pendidikan. Penelitian ini diharapkan akan dapat banyak memberi manfaat serta memberikan informasi mengenai bagaimana pengembangan profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam, dan apa saja faktor pendukung dan penghambat pengembangan profesionalisme guru pendidikan agama Islam di MTs Muhammadiyah Wates. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi penelitian di MTs Muhammadiyah Wates. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu metode observasi, interview dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program-program pengembangan profesionalisme guru pendidikan agama Islam di MTs Muhammadiyah Wates terdiri dari lima program diantaranya adalah ; pelatihan dan penataran, studi lanjut, mengadakan penelitian dibidang pendidikan, menciptakan karya tulis dan kegiatan MGMP (Musyawarah Guru Mata pelajaran). Faktor pendukung pengembangan profesionalisme guru pendidikan agama Islam di MTs Muhammadiyah Wates meliputi : adanya kesadaran para guru dalam mengikuti program pelatihan dan pendidikan, adanya keinginan para guru untuk melanjutkan studi lanjut (S2), adanya penelitian yang dilakukan oleh guru dalam bidang pendidikan, adanya pemaksimalan kegiatan MGMP di sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi : terbatasnya dana yang tersedia, sarana dan parasarana yang kurang memadai, keterbatasan waktu pelaksanaan pelatihan dan penataran, kebijakan pendidikan yang terus berganti. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Drs.H. Sarjono, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Profesionalisme Guru
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 23:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6391

Actions (login required)

View Item View Item