URGENSI KECERDASAN EMOSIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KINERJA GURU

CHOIRUL HIDAYAH - NIM. 06470055 , (2011) URGENSI KECERDASAN EMOSIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KINERJA GURU. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (805kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini memiliki latar belakang bahwa Dalam dunia pendidikan masih minimnya kecerdasan emosional kepala sekolah dalam memimpin bawahannya sehingga seringkali terjadi kecemburuan sosial dan kurangnya motivasi kerja akibat kurangnya perhatian dan kepekaan kepala sekolah pada bawahannya. Dari permasalahan ini pentingnya dalam dunia pendidikan memiliki sosok pemimpin yang memiliki kecerdasan emosional untuk mengeratkan persaudaraan dan meningkatkan motivasi dalam bekerja. Sehingga tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui gaya Kepemimpianan kepala sekolah di Play group Budi Mulia Dua Terban Yogyakarta,(2) Untuk mengetahui Urgensi Kecerdasan emosional kepala sekolah bagi Guru Play group Budi Mulia Dua Terban Yogyakarta (3) Untuk mengetahui Upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi kerja Guru di Playgroup Budi Mulia Dua Terban Yogyakarta Penelitian ini mengguanakan pendekatan kualitatif metode deskriptif analitis, alasan pemilihan metode ini adalah karena penelitian ini bermaksud untuk mendiskripsikan suatu gejala,peristiwa, kejadian-kejadian yang terjadi pada masa sekarang, Dalam penelitian ini yang menjadi subyek penelitian Kepala sekolah Play group Budi Mulia Dua Terban Yogyakara dan beberapa sampel guru Play group Budi Mulia Dua Yogyakarta yang sudah mengajar lebih dari 3 tahun. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan metode deskriptif analitis. Hasil penelitian ini adalah (1) Gaya kepemimpinan Kepala sekolah Play group Budi Mulia Dua Yogyakarta dikombinasikan antara otoriter, demokratis, laizze freire, kura-kura. Berbagai gaya ini diterapkan sesuai dengan situasi dan kondisi (2) Urgensi kecerdasan emosional kepala sekolah Bagi Guru Play group Budi Mulia Dua Yogyakarta yaitu Untuk memberikan rasa nyaman dalam bekerja, menciptakan suasana kerja yang menyenangkan, mempermudah penyampaian pesan, dan meminimalisir berbagai masalah. (3) Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Motivasi kerja Guru antara lain: a. Evaluasi bersama b. Koordinasi c. Mengadakan pelatihan secara bergilir d. Fasilitas ruangan yang nyaman e. Fasilitas kendaraan f. Fasilitas umrah g. Hukuman h. Rasa hormat div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Dra. Nadlifah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional , Motivasi Kinerja Guru
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 24 Jul 2013 13:54
Last Modified: 20 Mar 2017 07:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6395

Actions (login required)

View Item View Item