EFEKTIVITAS PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBASIS ALAM TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA

NISFI NURLAELI - NIM. 06670011, (2011) EFEKTIVITAS PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBASIS ALAM TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan pendekatan kontekstual berbasis alam terhadap sikap ilmiah dan prestasi belajar kimia peserta didik dilihat dari aspek: a) Perbedaan yang signifikan terhadap sikap ilmiah antara peserta didik yang menggunakan pendekatan kontekstual berbasis alam dengan yang mengikuti pembelajaran konvensional. b) Perbedaan yang signifikan terhadap prestasi belajar kimia sikap antara peserta didik yang menggunakan pendekatan kontekstual berbasis alam dengan yang mengikuti pembelajaran konvensional c) Perbedaan yang signifikan sikap ilmiah peserta didik sesudah mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan kontekstual berbasis alam dengan sebelum mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan kontekstual berbasis alam.d) Perbedaan yang signifikan prestasi belajar kimia peserta didik sesudah mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan kontekstual berbasis alam dengan sebelum mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan kontekstual berbasis alam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain satu faktor, dua sampel dan satu kovariabel. Satu faktor yang dimaksud adalah penerapan pendekatan kontekstual berbasis alam. Dua sampel disini adalah dua kelas yang diperbandingkan yaitu kelas kontrol (XF) dan kelas eksperimen (XE). Satu kovariabel sebagai kendalinya adalah pengetahuan awal kimia yang diambil dari nilai mid semester 2 materi kimia. Populasi dalam eksperimen adalah peserta didik SMA Negeri 1 Jeruklegi. Pembelajaran di kelas eksperimen menggunakan pendekatan kontekstual berbasis alam, sedangkan di kelas kontrol menggunakan pendekatan induktif. Perbedaan prestasi belajar diukur menggunakan tes prestasi belajar kimia yang kemudian dianalisis dengan uji-t, perbedaan sikap ilmiah diukur menggunakan angket sikap ilmiah yang kemudian dianalisis dengan uji t sama subjek dan uji t antar kelompok. Berdasarkan. Uji t antar kelompok diperoleh nilai t0 = - 1,474 dengan p = 0,067 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa H0 diterima karena p 0,05 sehingga penelitian ini mempunyai arti, tidak ada perbedaan antara sikap ilmiah kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Sedangkan uji t sama subjek diperoleh nilai t0 = -0,952 dengan p = 0,347 menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan antara sikap ilmiah peserta didik kelas eksperimen sebelum perlakuan dengan sesudah perlakuan. Sedangkan uji-t diperoleh nilai t0 = 4,281 dengan p = xx 0,00 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak karena p 0,05 hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol Sedangkan uji anava diperoleh nilai F0 sebesar -3,403 (p=0,02) dengan db 37. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak karena nilai p 0,05, sehingga ada perbedan prestasi belajar kimia kelas eksperimen sebelum perlakuan dengan sesudah perlakuan. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Panji Hidayat, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Prestasi belajar, Sikap ilmiah, Pendekatan Kontekstual Berbasis Alam
Depositing User: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6398

Actions (login required)

View Item View Item