PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR

NURHAYATI, NIM.: 0668002 (2011) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA ···.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap partisipasi belajar siswa, 2) mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif terhadap prestasi siswa pada pokok bahasan Protista kelas X MAN Wonokromo Bantul tahun ajaran 2010/2011. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment. Desain penelitian yang digunakan adalah Control group pre-tes pos-tes Design. Variabel penelitian terdiri atas 2 variabel, yaitu variabel bebas berupa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan variabel terikat berupa partisipasi dan prestasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN Wonokromo Bantul tahun ajaran 2010/2011. Pengambilan sampel dilakukan secara random dengan teknik undian. Diambil sampel 2 kelas yaitu kelas X6 sebagai kelas kontrol dan kelas X2 sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian dengan menggunakan lembar observasi partisipasi, lembar soal pre-tes pos-tes dan lembar angket tanggapan. Validitas instrumen dengan menggunakan validitas isi, validitas konstruk dan validitas empirik. Analisis data partisipasi siswa menggunakan analisis deskriptif , analisis prestasi belajar siswa menggunakan Uji t, dan analisis angket tanggapan siswa menggunakan analisis deskriptif, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis data yaitu uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi siswa yang diukur dari lembar observasi antara kelompok kontrol dan eksperimen terdapat perbedaan yaitu kelompok kontrol untuk kategori sangat baik 57.1 %, cukup 18.9% dan kurang 21.9% sedang untuk kelompok eksperimen kategori sangat baik 94.6%, dan cukup 5.7%. Sedang untuk kategori baik dan kurang baik sama-sama 0%. Prestasi belajar siswa kelompok kontrol dan kelompok kelas eksperimen setelah pembelajaran Protista terjadi peningkatan, rerata nilai test akhir kelompok kontrol 4.8 dan kelompok eksperimen rerata nilai test akhirnya 6.0. Setelah pengujian statistik ternyata terdapat perbedaan yang sangat signifikan (p 0.01) antara kelompok kontrol dan eksperimen. Tanggapan siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw 86% kategori cukup. Ini berarti pemberian model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berpengaruh terhadap partisipasi dan prestasi siswa kelas X MAN Wonokromo Bantul. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Suhardi, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kooperatif tipe Jigsaw, Partisipasi, Prestasi.
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 26 Jul 2023 11:00
Last Modified: 26 Jul 2023 11:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6400

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum