PENERAPAN STRATEGI STUDENT TEAM HEROIC LEADERSHIP DAN PEMBERIAN TUGAS TERSTRUKTUR PADA PEMBELAJARAN FISIKA SMA

RENI YULIYANI, NIM.: 06690015 (2011) PENERAPAN STRATEGI STUDENT TEAM HEROIC LEADERSHIP DAN PEMBERIAN TUGAS TERSTRUKTUR PADA PEMBELAJARAN FISIKA SMA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN STRATEGI STUDENT TEAM HEROIC LEADERSHIP DAN PEMBERIAN TUGAS TERSTRUKTUR PADA PEMBELAJARAN FISIKA SMA)
File 1.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN STRATEGI STUDENT TEAM HEROIC LEADERSHIP DAN PEMBERIAN TUGAS TERSTRUKTUR PADA PEMBELAJARAN FISIKA SMA)
File 2.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Strategi student team heroic leadership dan pemberian tugas terstruktur adalah suatu strategi pembelajaran yang memberi kesempatan pada peserta didik untuk berpikir, menjawab, saling membantu sama lain, dan dapat menumbuhkan jiwa kepemimpinan yang heroik. Strategi student team heroic leadership dan pemberian tugas terstruktur menjadi salah satu alternatif strategi pembelajaran fisika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah strategi student team heroic leadership dan pemberian tugas terstruktur berpengaruh positif terhadap hasil belajar ranah kognitif, ranah afektif, maupun ranah psikomotorik peserta didik. Metode penelitian penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA N 1 Kalasan. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas X D sebagai kelas eksperimen dan X E sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini adalah metode tes, observasi, dan wawancara. Setelah data terkumpul kemudian data dianalisis menggunakan analisis uji dua sampel. Berdasarkan penelitian diperoleh strategi student team heroic leadership dan pemberian tugas terstruktur berpengaruh positif terhadap hasil belajar ranah kognitif peserta didik ditunjukkan dengan hasil perhitungan untuk t-hitung sebesar 6,033 dengan t-tabel sebesar 1,681, terhadap hasil belajar ranah afektif peserta didik ditunjukkan dengan hasil perhitungan untuk t-hitung sebesar 11,866 dengan t-tabel sebesar 1,681, terhadap hasil belajar ranah psikomotorik peserta didik ditunjukkan dengan hasil perhitungan untuk t-hitung sebesar 8,856 dengan t-tabel sebesar 1,681. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Thaqibul Fikri Niyartama, M.Si. 2. Winarti, M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: Strategi Student Team Heroic Leadership, Tugas Terstruktur, Hasil Belajar (Ranah Kognitif, Ranah Afektif, Ranah Psikomotorik).
Subjects: Pendidikan Fisika
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 05 Dec 2022 15:19
Last Modified: 05 Dec 2022 15:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6406

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum