IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KETERAMPILAN

SAEPUL MISBAHUDIN, NIM.: 04430980 (2011) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KETERAMPILAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KETERAMPILAN)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA ···.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KETERAMPILAN)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK SMP Muhamadiyah I Depok Sleman setelah implementasi model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw; (2) mengetahui keterampilan menyelesaikan soal matematika siswa kelas VII SMP Muhamadiyah I Depok Sleman setelah implementasi model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis dan Mc.Taggart, sedangkan pendekatan yang mdigunakan adalah pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen yang meliputi lembar obsevasi, angket, soal tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknis anlisis data dilakukan berdasarkan data yang diperoleh. Data kualitatif dianalisis dengan empat langkah, yakni pengumpulan data, reduksi data, display data, dan pengambilan kesimpulan. Adapun data kuantitatif dianalisis dengan diperiksa dan diolah terlebih dahulu, dikonversi ke dalam kategorikategori kualitatif, selanjutnya dimaknai secara kualitatif. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa (1) motivasi belajar siswa kelas VII A SMP Muhamadiyah I Depok Sleman meningkat setelah diterapkan ,mmodel pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, yang ditunjukkan dengan meningkatnya rata-rata skor angket siklus I sebesar 45,15 dengan kualifikasi sedang dan siklus II 52,62 dengan kualifikasi tinggi, apabila dibandingkan dengan rata-rata skor angket prapenelitian, yakni 36,58 dalam kategori rendah; (2) keterampilan siswa kelas VII A dalam menyelesaikan soal matematika juga mengalami peningkatan setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, ditunjukkan dengan meningkatnya rata-rata nilai tes siklus I 63,25 (rendah) dan siklus II 68,16 (sedang), apabila dibandingkan dengan rata-rata nilai tes prapenelitian sebesar 58,44 dengan kualifikasi rendah. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Muchammad Abrori, S.Si. 2. Sintha Sih Dewanti, S.Pd.Si., M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: Jigsaw, Motivasi belajar, Keterampilan menyelesaikan soal matematika
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 26 Jul 2023 10:37
Last Modified: 26 Jul 2023 10:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6410

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum