EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review)

SITI SUPRIHATININGSIH - NIM. 06600006 , (2011) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode PQ4R dalam pembelajaran matematika dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Depok pada pokok bahasan teorema Pythagoras. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain Posttest Only Control Group Design. Variabel penelitian terdiri atas 2 variabel, yaitu variabel bebas berupa pembelajaran menggunakan pembelajaran metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) dan variabel terikat berupa hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah 137 siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Depok yang terbagi dalam 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara acak, dalam hal ini yang diacak adalah kelasnya yang sebelumya dilakukan uji prasyarat yaitu uji homogenitas dan normalitas serta uji kesamaan rata-rata keempat kelas dengan uji ANOVA dan hasilnya ke empat kelas tersebut homogen, normal dan tidak ada perbedaan signifikan rata-rata. Sehingga diperoleh kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan tes. Lembar observasi dan gambar digunakan untuk mengetahui keterlaksanaan dari pembelajaran matematika menggunakan metode pembelajaran PQ4R. Teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika menggunakan metode pembelajaran PQ4R lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Depok pokok bahasan teorema Pythagoras. Hal ini ditunjukkan dari hasil pengujian pada tabel Independent Samples Test bahwa thitung ttabel yaitu 2,317 1,995 serta diketahui signifikansinya (Sig.) sebesar 0,024 0,050. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: 1. Much Abrori, M.Kom. 2. Sintha Sih Dewanti, S.Pd.Si., M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: Metode PQ4R, Hasil Belajar Siswa.
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 23:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6414

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum