PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING TERHADAP MOTIVASI DAN PEMAHAMAN BIOLOGI

SRI HANDAYANI, NIM.: 07680003 (2011) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING TERHADAP MOTIVASI DAN PEMAHAMAN BIOLOGI. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING TERHADAP MOTIVASI DAN PEMAHAMAN BIOLOGI)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING TERHADAP MOTIVASI DAN PEMAHAMAN BIOLOGI)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Knowledge Sharing dalam pembelajaran biologi yang dalam pelaksanaannya diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman biologi siswa. Kesimpulan ditarik dari data-data kasus pada SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment)dengan desain Pre test-Post test Control Group Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII program layanan regular. Sampel terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VIIA sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIIB sebagai kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak (Random Sampling). Metode pengumpulan data penelitian dilakukan dengan metode observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif berupa persentase untuk data motivasi belajar siswa dan analisis inferensial berupa uji t berpasangan (Paired Samples t Test) untuk data pemahaman biologi siswa yang dilihat berdasarkan gain score dari nilai pre test dan post test. Besarnya efektifitas pemahaman biologi siswa dihitung dengan gain dinormalisasi (g) yang dirumuskan R. R. Hake. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran biologi dengan Active Knowledge Sharing lebih efektif dibanding pembelajaran secara konvensional (ceramah) yaitu terlihat dari peningkatan rata-rata persentase motivasi belajar siswa dan peningkatan rata-rata gain score pemahaman biologi siswa. Rata-rata persentase motivasi belajar siswa kelompok kontrol 59,76% meningkat menjadi 67,16% pada kelompok eksperimen. Hasil perhitungan dengan uji t berpasangan menunjukkan adanya perbedaan gain score secara signifikan antara kelompok kontrol dan eksperimen yaitu Sig (2-tailed) = 0,027 dan t = -2,332. Berdasarkan hipotesis yang diajukan dengan uji dua pihak dan level kepercayaan 95% atau alpha 5%, nilai [t hitung] = 2,332 t tabel = 2,045 dan nilai Sig (2-tailed) = 0,027 0,05= 5%. Hal ini menunjukkan bahwa Active Knowledge Sharing lebih efektif daripada konvensional dalam meningkatkan pemahaman biologi siswa. Besarnya keefektifan ditunjukkan dengan nilai gain dinormalisasi (g) sebesar 0,3 yang termasuk kategori sedang (medium). Hubungan antara motivasi dan pemahaman yang dihitung dengan Chi Kuadrat pada cx= 0,05, menunjukkan 2-hitung?= 5,30 2-tabel= 3,84. Hal ini berarti ada ketergantungan antara motivasi dan pemahaman. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sudjoko, M. S.
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Active Knowledge Sharing, Motivasi Belajar, Pemahaman Biologi, Keefektifan.
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 26 Jul 2023 09:56
Last Modified: 26 Jul 2023 09:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6415

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum