PEMILIHAN MEDIA KNOWLEDGE SHARING DESAIN PADA CV. SEEPHYFOUR CREASHINDO PRATAMA

STEPHANIE PURNAMASARI CHITSADEVI - NIM. 06660020, (2011) PEMILIHAN MEDIA KNOWLEDGE SHARING DESAIN PADA CV. SEEPHYFOUR CREASHINDO PRATAMA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris bahwa penerimaan teknologi untuk tiga Electronic Communication Tools (ECT) berupa Electronic Mail (Email), Instant Messaging, dan Social Networking (Facebook) yang digunakan akan mempengaruhi intensi untuk berbagi knowledge khususnya dalam domain knowledge desain. Ketiga model dalam penelitian ini menggunakan 3 konstruk Technology Acceptance Model (TAM) yang dimodifikasi Heijden (2004) berupa Kegunaan Persepsian (perceived usefulness), Kemudahan Penggunaan Persepsian (perceived ease of use) dan Kesukaan Persepsian (perceived enjoyment) sebagai konstruk untuk mengukur penerimaan teknologi yang secara positif diprediksi akan mempengaruhi intensi untuk berbagi knowledge desain. Pengumpulan data dilakukan melalui survei kuesioner dengan purposive sampling dan convenience sampling untuk 46 orang pengguna setiap ECT. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji reabilitas Cronbach's Alpha, uji validitas dengan uji korelasi dan analisis faktor dengan rotasi varimax dengan pisah batas 0.35 sebagai titik terendah, dan regresi dengan program SPSS versi 15.0. Penelitian ini, membuktikan bahwa ketiga model dalam penelitian ini mampu menunjukkan pengaruh penerimaan teknologi terhadap Intensi berbagi Knowledge desain secara valid kemudian dengan melihat melalui tingkat intensi Knowledge Sharing dalam domain desain maka akan terlihat media yang niat (intensi) penggunaannya lebih tinggi dan dipilih oleh pengguna di CV. Seephyfour Creashindo Pratama. Variabel kesukaan persepsian ialah salah satu indikator pengukur model penerimaan teknologi yang dapat memberi penjelasan yang terukur terhadap perilaku berbagi knowledge dalam domain desain individu penggunanya. Dari ketiga model yang ada hanya satu model yang tidak berhasil untuk memberikan bukti secara empiris bahwa kesukaan persepsian tidak berpengaruh langsung yakni penggunaan Instant Messaging. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Cahyono Sigit Pramudyo, S.T.,M.T. 2. Ira Setyaningsih, S.T., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Electronic Communication Tools (ECT), berupa Electronic Mail (Email), Instant Messaging, dan Social Networking (Facebook), domain knowledge desain
Depositing User: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6423

Actions (login required)

View Item View Item