EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED

SULISTYA RESFI RENDRA AMRAH KURNIAWATI - NIM. 07600006, (2011) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran problem solving dengan pendekatan open-ended lebih efektif dari pada pembelajaran matematika menggunakan pembelajaran ekspositori terhadap motivasi belajar siswa. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran problem solving dengan pendekatan open-ended lebih efektif dari pada pembelajaran matematika menggunakan pembelajaran ekspositori terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas berupa penggunaan model pembelajaran, variabel terikat berupa motivasi belajar dan kemampuan berpikir kreatif, dan variabel kontrol berupa materi dan guru mata pelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII sebanyak 223 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling dengan subjek kelas, diperoleh kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan instrumen tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran problem solving dengan pendekatan openended lebih efektif dari pada pembelajaran matematika menggunakan pembelajaran ekspositori terhadap motivasi belajar dan kemampuan berpikir kreatif siswa. Dari hasil pengujian secara keseluruhan hasil angket motivasi belajar didapatkan nilai sig.= 0,043 dan skor peningkatan kemampuan berpikir kreatif didapatkan nilai sig.= 0,001 dengan rata-rata skor peningkatan kelas eksperimen sebesar 8,72 dan kelas kontrol sebesar 5,88 hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran problem solving dengan pendekatan open-ended lebih efektif dari pada pembelajaran matematika menggunakan pembelajaran ekspositori terhadap motivasi belajar dan kemampuan berpikir kreatif siswa. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: 1. Drs. Sugiyono, M.Pd. 2. Mulin Nu'man, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Problem Solving, Pendekatan Open-Ended, Motivasi Belajar, Kemampuan Berpikir Kreatif.
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6426

Actions (login required)

View Item View Item