BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP SISWA BERKEPRIBADIAN PEMARAH (Kajian Terhadap Metode Guru BK dalam Mengatasi Siswa Pemarah di MTsN Yogyakarta I)

AISUN NAJAH - NIM.07220038 , (2012) BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP SISWA BERKEPRIBADIAN PEMARAH (Kajian Terhadap Metode Guru BK dalam Mengatasi Siswa Pemarah di MTsN Yogyakarta I). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRACT AISUN NAJAH. Bimbingan dan Konseling Terhadap Siswa Berkepribadian Pemarah ( Kajian Terhadap Guru BK dalam Mengatasi Siswa Pemarah di MTsN Yogyakarta I). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui metode bimbingan dan konseling yang dilakukan oleh guru BK di MTsN Yogyakarta I dalam mengatasi siswa berkepribadian pemarah. Data diperoleh dari subyek penelitian yaitu dua guru Bimbingan dan Konseling yang mengampu kelas VII dan VIII, serta beberapa siswa yang memiliki kepribadian pemarah. Sedangkan obyek penelitian adalah metode guru BK dalam mengatasi siswa berkepribadian pemarah. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mendeskripsikan sebab-sebab siswa berkepribadian pemarah yakni bersenda-gurau yang berlebihan, bangga diri, adanya perdebatan/perselisihan, dan permusuhan. Adapun metode yang digunakan guru BK di MTsN Yogyakarta I adalah metode bimbingan konseling kelompok dan bimbingan konseling individu melalui dipanggil, diarahkan, peringatan lisan, diskusi untuk memecahkan masalah, pembinaan, tindak lanjut, kunjungan rumah (Home visit), pemanggilan orang tua, dan dikembalikan kepada orang tua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr. Nurul Hak, S.Ag., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Metode Guru BK, Siswa Berkepribadian Pemarah.
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 23:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6431

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum