PERILAKU PEMUSTAKA DALAM PEMANFAATAN PELAYANAN DI PERPUSTAKAAN STIKES

DESY SETIYAWATI, NIM.: 08141155 (2011) PERILAKU PEMUSTAKA DALAM PEMANFAATAN PELAYANAN DI PERPUSTAKAAN STIKES. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PERILAKU PEMUSTAKA DALAM PEMANFAATAN PELAYANAN DI PERPUSTAKAAN STIKES)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERILAKU PEMUSTAKA DALAM PEMANFAATAN PELAYANAN DI PERPUSTAKAAN STIKES)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku pemustaka dalam pemanfaatan pelayanan di Perpustakaan STIKES Muhammadiyah Gombong. Penelitian ini dilakukan di Perpustakaan STIKES Muhammadiyah Gombong. Terdapat 1158 mahasiswa berdasarkan data statistik tahun 2010 sebagai populasi dari penelitian. Sedangkan sampel yang diambil sebanyak 92 orang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan sampel proporsi atau proportional sampel, atau sampel imbangan dan sampling incidental. Penelitian ini termasuk jenis penelitian survey dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Sedangkan metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner/angket dan studi pustaka. Untuk uji validitas menggunakan Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan Alfa Cronbach. Penghitungan dari uji validitas dan reliabilitas ini menggunakan program MS Office Excell. Analisis data menggunakan analisa deskriptif kuantitatif dengan menghitung skor baku yaitu skor Z dan skor T, di mana skor T diperoleh dari skor Z yang diberi notasi yang lain yaitu T = 50 + 10 (skor Z). Skor T ini dikategorikan dalam tinggi dan rendah berdasarkan perolehan mean T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan pemustaka mengenai jenis-jenis pelayanan, koleksi, petugas perpustakaan dan fungsi ruangan yang ada di perpustakaan masih rendah. Sedangkan pengetahuan pemustaka mengenai penelusuran informasi termasuk dalam kategori tinggi. Sikap dan praktik pemustaka terhadap peraturan yang ada di perpustakaan juga termasuk dalam kategori tinggi walaupun pemanfaatan fasilitas dan subjek informasi yang ada masih dalam kategori rendah. Menurut penulis, perlu adanya sosialisasi tentang jenis-jenis pelayanan dan koleksi yang ada di perpustakaan. Selain itu, perlu penambahan fasilitas sesuai kebutuhan pemustaka dan penataan ruangan yang lebih baik lagi supaya memudahkan pemustaka dalam pemanfaatan pelayanan di perpustakaan. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Anis Masruri, S.Ag., SIP, M.Si.
Uncontrolled Keywords: perilaku pemustaka, pelayanan perpustakaan, pemanfaatan pelayanan perpustakaan
Subjects: Pustakawan > pustakawan, Layanan Perpustakaan
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 14 Jul 2023 13:54
Last Modified: 14 Jul 2023 13:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6454

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum