PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SDN TEGALREJO I YOGYAKARTA

SITI WAHIDAH - NIM. 08141167, (2011) PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SDN TEGALREJO I YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pemanfaatan perpustakaan dengan prestasi belajar dan hubungan fungsional antara pemanfaatan perpustakaan dengan prestasi belajar. Hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan positif antara pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan prestasi belajar, artinya semakin tinggi pemanfaatan perpustakaan sekolah maka prestasi belajar siswa semakin tinggi, sebaliknya semakin rendah pemanfaatan perpustakaan maka prestasi belajar siswa semakin rendah. Subjek penelitian ini adalah siswa Sekolah Dasar Negeri Tegal Rejo I Sleman Yogyakarta kelas V, sebanyak 47 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan angket, yakni angket prestasi belajar dan angket pemanfaatan perpustakaan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik korelasi Product Moment dari Karl Pearson. Nilai korelasi yang didapatkan sebesar r2 = 0,394 (p 0,05), artinya terdapat hubungan positif yang signifikan antara pemanfaatan perpustakaan dengan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri Tegalrejo I Yogyakarta. Dengan demikian hipotesis dapat diterima. Koefisien determinan yang diperoleh sebesar r2 = 0,394, Artinya sumbangan variabel pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar sebesar 39,4 %. Hasil penelitian ini sekaligus menunjukkan bahwa terdapat pengaruh variabel lain yang tidak diteliti sebesar 60,6% terhadap prestasi belajar siswa Sekolah Dasar Negeri Tegalrejo I Yogyakarta kelas V, Penelitian ini di harapkan dapat memberikan masukan kepada perpustakaan untuk meningkatkan layanan di perpustakaan agar siswa memanfaatkan perpustakaan dengan maksimal. Berdasarkan hasil penelitian maka peneliti merekomendasikan para siswa untuk memanfaatkan perpustakaan sekolah semaksimal mungkin sehingga prestasi belajar meningkat div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Tafrikhuddin, S.Ag, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Prestasi belajar, pemanfaatan perpustakaan.
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6516

Actions (login required)

View Item View Item