HUBUNGAN KEBIASAAN MENONTON TELEVISI DAN MINAT BACA SISWA

SULISTYO NUR GINANJAR - NIM. 08141063, (2011) HUBUNGAN KEBIASAAN MENONTON TELEVISI DAN MINAT BACA SISWA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana hubungan antara kebiasaan menonton televisi dan minat baca siswa SD N Tamansari I Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat mengetahui frekuensi kebiasaan menonton televisi dan meningkatkan minat baca siswa. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, dokumentasi dan angket. Untuk teknik pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling. Dalam penelitian ini penyusun mempunyai alasan bahwa kebiasaan menonton televisi merupakan salah satu pengaruh yang berhubungan dengan minat baca anak sejak dini. Hal ini sesuai dengan pendapat Rahmat (1992:215) gencarnya tayangan televisi dapat menumbuhkan kebiasaan yang bersifat pasif sehingga menggeser kebiasaan lain yang lebih positif seperti membaca buku. Adapun kesimpulan akhir penelitian ini adalah kebiasaan menonton televisi mempunyai hubungan yang sangat positif dan sangat berpengaruh secara signifikan terhadap minat baca siswa SDN Tamansari 1 Yogyakarta. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,418 dan p signifikan 0,280 (lebih besar dari 0,005). Hasil dari penelitian ini merekomendasikan kepada pihak sekolah maupun norang tua untuk lebih memperhatikan minat baca siswa. Juga sebagai pengembangan perpustakaan agar memberikan waktyu dan jam pelajaran khusus dalam kurikulum sekolah agar siswa dapat memanfaatkan seoptimal mungkin sehingga siswa akan lebih terdorong minat bacanya. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Tafrikhudin, S.Ag., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Minat baca, Perpustakaan sekolah
Depositing User: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6518

Actions (login required)

View Item View Item