NASH AL-MASRIHIYAH MISMARU JUHA LI-ALI AHMAD BAKATSIR (DIRASAH TAHLILIYAH GRAMATIKIYAH)

SYAROFAH - NIM. 07110034, (2011) NASH AL-MASRIHIYAH MISMARU JUHA LI-ALI AHMAD BAKATSIR (DIRASAH TAHLILIYAH GRAMATIKIYAH). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Naskah drama Mismaaru Juha karya Ali Ahmad Baktsir, merupakan naskah drama yang menceritakan tokoh Juha yang humoris dan lelucon-leluconnya mengandung kritikan tajam. Humor mereka tak sekedar jenaka pelipur lara, tetapi sarat dengan nilai-nilai kearifan dan keberanian unutuk menyatakan yang benar dan yang salah adalah salah. Berdasarkan uraian di atas, penulis mencoba untuk mengkaji dengan pendekatan pragmatik. Menurut Pradopo, Pendekatan pragmatik adalah pendekatan yang memandang karya sastra sebagai sarana untuk menyampaikan tujuan tertentu kepada pembaca. Dalam hal ini tujuan tersebut dapat berupa tujuan politik, pendidikan moral, agama maupun tujuan yang lain. Dan disini Teori bantu yang peneliti pakai dalam penelitian ini adalah teori moral yang diusung oleh Geoffrey N Leech dan Short Michael M. Menurut Leech dan Short Moral dapat berupa pesan religiusitas dan agama dan berupa pesan kritik sosial. Setelah mencermati naskah Mismaaru juha dengan berdasarkan pada teori moral Leech dan Short, maka dapat diperoleh bentuk penyampaian pesan moral atau nilai-nilai moralitas secara tidak langsung yang terkandung dalam Naskah ini, yaitu A. Pesan Agama antara lain (1) kemewahan merusak akhlak seseorang (2) larangan mengingkari Nikmat Allah SWT (3) larangan riba. B. Kritik Sosial antara lain (1) Pemaksaan pernikahan (2) stratatifikasi sosial masyarakat (3) gaya hidup gengsi (4) kesewenang-wenangan pemerintah. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: DR. H. Mardjoko Idris, MA.
Uncontrolled Keywords: Naskah drama Mismaaru Juha, Ali Ahmad Baktsir, nilai-nilai moralitas
Depositing User: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6520

Actions (login required)

View Item View Item