MANAJEMEN PELATIHAN PENGASUH DI PANTI ASUHAN NURUL HAQ GEDONGKUNING BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA

HASANUDDIN TANJUNG - NIM. 05240036, (2011) MANAJEMEN PELATIHAN PENGASUH DI PANTI ASUHAN NURUL HAQ GEDONGKUNING BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sumber daya manusia di panti asuhan masih kurang, dan kurangnya sumber daya manusia salah satunya disebabkan karena kurangnya pelatihan bagi pengasuh. Sehingga para pengasuh tidak dapat bekerja secara professional dalam mencapai tujuan yang ditetapkan. Tujuan Penelitian adalah Untuk membuktikan bahwa dengan manajemen pelatihan di panti asuhan ini dapat meningkatkan kualitas para pengasuh panti asuhan. Metode penelitian data yang digunakakan adalah kualitatif-deskriptif. Metode penelitian data kualitatif-deskriptif adalah metode penelitian yang bersifat memaparkan hasil temuan secara mendalam melalui pendekatan bukan angka atau nonstatistik dan bertujuan untuk mendeskripsikan apa yang terjadi pada saat itu, yang didalamnya ada upaya mencatat, menganalisis, dan menginterpretasikan kondisi yang ada. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subyek penelitiannya adalah pimpinan panti asuhan, pengurus dan guru-guru panti asuhan serta anak asuh dari panti asuhan itu sendiri. Obyek penelitiannya adalah manajemen pelatihan dipanti asuhan tersebut. Hasil manajemen pelatihan mampu meningkatkan kualitas sumberdaya manusia khususnya pengasuh panti asuhan dengan memberikan pelatihan seperti; ketrampilan menjahit, computer, bimbingan psikologis, kajian tentang ceramah Islam, ketrampilan/life skill, kewirausahaan dan kegiatan sosial. Dengan memberikan pelatihan yaitu penataran bagi pengasuh mulai dari tingkat Dasar, Tingkat Mahir dan Tingkat ToT (Training of Trainer). Pelatihan menggunakan metode metode pengajaran, pengasuh dapat meningkatkan pengetahuan, ketrampilan bagi para pengasuh dan mendidik anak asuh, dan diharapkan dengan pelatihan tersebut dapat semakin berkembangnya media pengajaran, teknik penyampaian dan evaluasi proses pengasuhan. Kesimpulan manajemen pelatihan mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia khususnya para pengasuh. Pelatihan ini memberikan kemudahan bagi para pengasuh dalam mendidik anak asuh secara professional dan seluruh kegiatan panti asuhan dapat berjalan secara optimal, efisien dan efektif. Kata Kunci dari Manajemen Pelatihan yaitu pelatihan pengasuh, pembekalan pengasuh , kualitas Pengasuh. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: 1. H. Okrisal Eka Putra, Lc. M.Ag. 2. M. Toriq Nurmadiansyah, S.Ag. M.Si.
Uncontrolled Keywords: manajemen pelatihan, pelatihan pengasuh, pembekalan pengasuh , kualitas Pengasuh
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6534

Actions (login required)

View Item View Item