MENINGKATKAN KEMANDIRIAN INTERAKSI SOSIAL DAN KOMUNIKASI ANAK AUTIS

AHMAD JA'FAR, NIM. 04230032 (2011) MENINGKATKAN KEMANDIRIAN INTERAKSI SOSIAL DAN KOMUNIKASI ANAK AUTIS. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (MENINGKATKAN KEMANDIRIAN INTERAKSI SOSIAL DAN KOMUNIKASI ANAK AUTIS )
BAB,I,IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (MENINGKATKAN KEMANDIRIAN INTERAKSI SOSIAL DAN KOMUNIKASI ANAK AUTIS )
BAB II,III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa secara keitis tentang metode meningkatkan kemandirian Interaksi Sosial Dan Komunikasi anak Autis diYayasan sayap Ibu panti II Yogyakarta, serta hasil yang telah dicapai dari meningkatkan kemandirian Interaksi Sosial Dan Komunikasi anak Autis tersebut. Hasil penelitian ini, diharapakan akan dapat digunakan sebagai motifasi bagi para pengasuh untuk dapat selalu meningkatkan usahanya dalam membina anak-anak binaannya agar mereka dapat mandiri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar Yayasan Sayap Ibu Panti II Yogyakarta, Pengumpulan data Dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara secara mendalam, dan dokumentasi.Analisis data dilakukan dengan memberi makna terhadap data yang berhasil di kumpulkan, dan hasil makna itulah ditarik kesimpulkannya Ketrampilan interaksi sosial dan komunikasi didapatkan anak-anak autis dilingkungan sekolah maupun dilingkungan asrama. Sekolah berkonsentrasi melaksanakan proggam-progam pendidikan dikelas, sedangkan panti atau asrama adalah tempat dimana anak-anak melaksanakan program sehari-hari dipanti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode yang dilakukan oleh Yayasan sayap Ibu Panti II Yogyakarta disekolah dan diasrama yaitu metode lovaas, metode drill, Metode sunrise,fisioterapi, metode observasi, metode ono by ono. Dengan penelitian yang dilakaukan oleh para pengasuh dan pendidik tersebut terbukti mampu menghasilkan anak binaannya yang memilki karakteristik-karakteristik sebagai anak autis yang mandiri dalam interaksi sosial dan komunikasi meskipun masih perlu pengawasan dari orang lain, mereka mampu mengenal damn menerima dirinya sendiri dalam lingkungan, maupun mengarahkan dirinya dan mewujudkan dirinya secara baik. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Andayani S, IP.MSW.
Uncontrolled Keywords: Ketrampilan interaksi sosial, komunikasi, anak autis
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 22 Oct 2013 14:45
Last Modified: 26 Nov 2015 11:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6535

Actions (login required)

View Item View Item