ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PERPUSTAKAAN BERDASARKAN HARAPAN DAN PERSEPSI PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN UMUM KABUPATEN PAMEKASAN

AGUS SALIM WIDIYANTO, 07140027 (2012) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PERPUSTAKAAN BERDASARKAN HARAPAN DAN PERSEPSI PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN UMUM KABUPATEN PAMEKASAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PERPUSTAKAAN BERDASARKAN HARAPAN DAN PERSEPSI PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN UMUM KABUPATEN PAMEKASAN)
BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PERPUSTAKAAN BERDASARKAN HARAPAN DAN PERSEPSI PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN UMUM KABUPATEN PAMEKASAN)
BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (856kB)

Abstract

Tujua penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan di Perpustakaan Umum Kabupaten Pamekasan berdasarkan harapan dan persepsi pemustaka. Metode yang digunakan adalah LibQual+TM untuk mengukur kualitas pelayanan perpustakaan berdasarkan tiga dimensi yang dijadikan indikator pengukuran yaitu Affect of Service (sikap petugas perpustakaan dalam melayani pemustaka), Information Control (ketersediaan koleksi dan kemudahan akses informasi) dan Library as Place (perpustakaan sebagai sebuah tempat). Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara dan kuesioner. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh anggota Perpustakaan Umum Kabupaten Pamekasan sebanyak 2489 Orang dan menggunakan teknik incidental sampling sebanyak 96 responden. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa nilai kesenjangan AG (Adequacy Gap) positif dengan nilai 1.73 dan SG (Superiority Gap) positif dengan nilai 0.22. ini berarti kualitas pelayanan telah memenuhi harapan minimum dan harapan yang sesungguhnya pemustaka inginkan, dapat diartikan pula bahwa pemustaka menilai baik dan unggul terhadap pelayanan perpustakaan yang diterimanya. Namun, disisi lain perlu adanya pengembangan sumber daya manusia berkaitan dengan penataan koleksi diperpustakaan, selain itu sistem otomasi khususnya pada bagian opac harus mendapatkan perhatian lebih dari pihak perpustakaan agar dapat memudahkan pemustaka untuk mecari informasi yang mereka inginkan. Kata kunci: LibQual, Kualitas pelayanan, Persepsi, Harapan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan (S1)
Depositing User / Editor: Dra. Irhamny
Date Deposited: 19 Jul 2012 16:18
Last Modified: 13 Oct 2015 10:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6776

Actions (login required)

View Item View Item