STRATEGI PROMOSI DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS GADJAH MADA YOGYAKARTA

ANDI ASARI - NIM. 08140141 , (2012) STRATEGI PROMOSI DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS GADJAH MADA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PROMOSI DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS GADJAH MADA YOGYAKARTA)
BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PROMOSI DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS GADJAH MADA YOGYAKARTA)
BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (297kB)

Abstract

Promosi perpustakaan adalah sarana untuk mengenalkan berbagai fasilitas dan layanan yang dimiliki perpustakaan kepada masyarakat pengguna. Penelitian di Perpustakaan UGM ini bertujuan untuk mengetahui strategi promosi yang telah diterapkan, sarana-sarana yang digunakan dalam promosi, serta hambatanhambatan yang mereka hadapi dalam promosi. Pembahasan tulisan ini meliputi gambaran umum serta analisis dalam strategi promosi di Perpustakaan UGM. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara dan observasi. Dalam penelitian ini diambil informan secukupnya untuk diwawancarai dengan menggunakan tape recorder. Untuk menganalisis data didasarkan pada teori moleong dengan metode deskriptif. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa promosi di Perpustakaan UGM dijalankan secara bersama oleh pihak manajemen atau tidak ditangani oleh tim khusus. Sarana promosi yang dipakai Perpustakaan UGM adalah dalam bentuk media (cetak maupun non cetak), kegiatan (seminar, library tour, dan ceramah), dan pemberdayaan sarana prasarana serta pemberdayaan SDM. Hambatan-hambatan yang dihadapi Perpustakaan UGM dalam kegiatan promosi adalah masalah SDM, waktu. Sebagai masukan untuk menambah referensi program kerja dalam membangun citra serta mempertahankan eksistensi perpustakaan, maka ada beberapa saran yang mungkin berguna antara lain, perlunya pembinaan dan pengembangan sumber daya manusia dengan memberikan pelatihan-pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan perpustakaan dan peningkatan karir untuk mendukung kegiatan promosi. Pihak perpustakaan harus lebih kreatif dalam mengemas promosi perpustakaan agar bisa menarik para pengguna untuk berkunjung ke perpustakaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Tafrikhuddin, S.Ag., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: strategi promosi, perpustakaan, promosi perpustakaan
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan (S1)
Depositing User / Editor: Dra. Irhamny
Date Deposited: 20 Jul 2012 10:14
Last Modified: 13 Oct 2015 03:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6782

Actions (login required)

View Item View Item