NANANG AMIRUDIN, pth (2012) PELAKSANAAN PROGRAM PLUS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH MILIRAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga.
|
Text
BAB I, V.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB II, III, IV.pdf Restricted to Registered users only Download (188kB) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg Restricted to Registered users only Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg Restricted to Registered users only Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg Restricted to Registered users only Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg Restricted to Registered users only Download (0B) |
Abstract
ABSTRAK NANANG AMIRUDIN. Pelaksanaan Program Plus Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Muhammadiyah Miliran Yogyakarta. Skripsi: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2008. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa secara kritis bentuk dan pelaksanaan Program Plus PAI di SD Muhammadiyah Miliran. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk menyempurnakan pelaksanaan Program Plus PAI tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SD Muhammadiyah Miliran. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, waancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan dua modus, yaitu dengan menggunakan sumber ganda dan metode ganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Program Plus PAI adalah bagian kurikulum di SD Muhammadiyah Miliran yang diterapkan secara integral dengan Kurikulum Nasional dan Kurikulum Muhammadiyah. Program Plus ini meliputi emapt mata pelajaran yaitu Qiroah, Kitabah, Tahfidzul Qur`an wad Doa, serta Tarjamatul Qur`an wad Doa, yang mana lebih menekankan pad abaca dan tulis Al-Qur`an. (2) Proses pembelajaran menggunakan variasi metode yang tepat dan sesuai dengan tujuan, materi dan kondisi siswa. Metode yang digunakan yaitu metode ceramah, metode tanya jawab, metode demonstrasi, metode penugasan, dan metode latihan. Evaluasi pembelajaran menggunakan teknik tes dan teknik non tes. Teknik tes dilakukan secara tertulis dan lisan. Sedang teknik non tes dilakukan dengan observasi dan buku monotoring. (3) Hasil yang dicapai dari pelaksanaan Program Plus PAI yaitu semakin bertambahnya pengetahuan agama siswa terutama dalam aspek Al-Qur`an baik pada ranah kognitif, afektif maupun psikomotorik, dengan penerapan Program Plus secara tidak langsung meningkatkan minat masyarakat untuk memilih SD Muhammadiyah
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam Kependidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | Edi Prasetya [edi_hoki] |
Date Deposited: | 30 Jul 2012 20:06 |
Last Modified: | 30 Jul 2012 20:09 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6796 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |