AKTUALISASI KECERDASAN VERBAL LINGUISTIK ANAK USIA DINI MELALUI PENDEKATAN BEYOND CENTERS AND CIRCLE TIME (BCCT) DI TK ABA NUR’AINI NGAMPILAN YOGYAKARTA

Farhatin Masruroh, NIM: 09.261.016 (2011) AKTUALISASI KECERDASAN VERBAL LINGUISTIK ANAK USIA DINI MELALUI PENDEKATAN BEYOND CENTERS AND CIRCLE TIME (BCCT) DI TK ABA NUR’AINI NGAMPILAN YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (AKTUALISASI KECERDASAN VERBAL LINGUISTIK ANAK USIA DINI MELALUI PENDEKATAN BEYOND CENTERS AND CIRCLE TIME (BCCT) DI TK ABA NUR’AINI NGAMPILAN YOGYAKARTA)
BAB 1, V.pdf - Published Version

Download (938kB) | Preview
[img] Text (AKTUALISASI KECERDASAN VERBAL LINGUISTIK ANAK USIA DINI MELALUI PENDEKATAN BEYOND CENTERS AND CIRCLE TIME (BCCT) DI TK ABA NUR’AINI NGAMPILAN YOGYAKARTA)
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Bahasa merupakan sarana komunikasi untuk memperoleh dan menyampaikan informasi ilmu pengetahuan baik melalui lisan maupun tulisan. Kecerdasan verbal linguistik anak yang meliputi kemampuan menerima bahasa, mengungkapkan bahasa, dan kemampuan keaksaraan dapat dilaksanakan secara terpadu (holistic) dengan kegiatan yang lain melalui kegiatan bermain sambil belajar. Pendekatan BCCT yang menekankan pada kegiatan bermain sebagai kegiatan inti dan berpusat pada aktifitas anak (student centered ) merupakan metode yang tepat bagi anak untuk mengaktualisasikan kecerdasan verbal linguistinya, karena metode ini relevan dengan prinsip perkembangan dan karakteristik anak usia dini yang bersifat unik. TK ABA Nur’Aini merupakan satu-satunya TK di Propinsi DIY yang melaksanakan pendekatan sentra secara murni dengan mengacu pada konsep CCCRT (The Creative Center for Childhood Research and Training) Florida dan Dinas Pendidikan. Berdasarkan latar belakang di atas, penulis tertarik untuk meneliti aktualisasi kecerdasan verbal linguistik anak usia dini melalui pendekatan Beyond Centers and Circle Time (BCCT) di TK ABA Nur’Aini Ngampilan Yogyakarta. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pendekatan Beyond Centers and Circle Time (BCCT) di TK ABA Nur’Aini Ngampilan Yogyakarta, aktualisasi kecerdasan verbal linguistik anak usia dini melalui pendekatan Beyond Centers and Circle Time (BCCT) di TK ABA Nur’Aini Ngampilan Yogyakarta, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam aktualisasi kecerdasan verbal linguistik anak didik TK ABA Nur’Aini melalui pendekatan Beyond Centers and Circle Time (BCCT). Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif yang dilakukan secara langsung di tempat penelitian. Subyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah TK ABA Nur’Aini Ngampilan Yogyakarta. Sedangkan pengumpulan data dengan metode observasi, interview dan studi dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan mendeskripsikan tingkah laku anak didik selama proses penelitian berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama, anak dapat bereksplorasi dan mengekspresikan kecerdasan verbal linguistiknya dalam setiap kegiatan bermain di sentra-sentra dengan menggunakan empat jenis pijakan, yaitu; (a) pada saat penataan lingkungan, (b) pada saat pijakan sebelum main (circle time1), (c) pada saat kegiatan main, (d) pada saat pijakan setelah main (circle time 2/ recalling). Setiap sentra selalu memberikan dukungan kemampuan komunikasi, kosa kata, dan keaksaraan pada anak sesuai dengan tahapan perkembangan main. Kedua, kecerdasan verbal lingistik anak kelompok A1 dan B4 dapat dikatakan berkembang dengan baik dengan melihat indikator yang telah dicapai masingmasing anak pada hasil pengamatan guru dalam penilaian harian maupun semester. Ketiga, keberhasilan BCCT di TK ABA Nur’Aini didukung oleh faktorfaktor sebagai berikut; kompetensi dan profesionalitas kepala sekolah dan tenaga kependidikan, sarana prasarasana yang cukup memadai, kegiatan bermain dan alat permainan edukatif yang cukup variatif, dukungan dari yayasan, orang tua, komite dan dinas pendidikan, serta semangat anak dengan pembelajaran model BCCT. Sementara faktor penghambat adalah kurangnya kesadaran sebagian orang tua untuk berpartisipasi dalam program parenting yang diadakan rutin oleh sekolah, namun masalah tersebut dapat diatasi melalui pemberian rekomendasi kepala sekolah kepada orang tua anak terkait dengan perkembangan yang dicapai dan perlu ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Mahmud Arif, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Aktualisasi Kecerdasan Verbal, Linguistik, Usia Dini, Beyond Centers, Circle Time
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru RA - PAUD
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 23 Jan 2013 19:23
Last Modified: 14 Apr 2015 09:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6821

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum