PELAKSANAAN PENDIDIKAN KESEHATAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) PADA ANAK USIA DINI DI TK ABA TEGALSARI YOGYAKARTA

HENY WULANDARI, NIM.: 09261013 (2011) PELAKSANAAN PENDIDIKAN KESEHATAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) PADA ANAK USIA DINI DI TK ABA TEGALSARI YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img] Text (PELAKSANAAN PENDIDIKAN KESEHATAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) PADA ANAK USIA DINI DI TK ABA TEGALSARI YOGYAKARTA)
BAB II,III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN PENDIDIKAN KESEHATAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) PADA ANAK USIA DINI DI TK ABA TEGALSARI YOGYAKARTA)
BAB I,V (2).pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Dewasa ini banyak bencana yang menimpa bangsa Indonesia yang diakibatkan oleh ulah manusia itu sendiri. Seperti yang sering ditayangkan oleh televisi atau di media elektronik lainnya berbagai bencana seperti banjir, wabah penyakit seperti diare, gizi buruk, kolera dan penyakit menular lainnya Masalahmasalah di atas sebenarnya dapat dicegah sedini mungkin salah satunya dengan memberikan pendidikan kesehatan tentang perilaku hidup bersih dan sehat. Pendidikan perilaku hidup bersih dan sehat sangat strategis ditanamkan pada usia dini mengingat masa ini merupakan pondasi untuk pembentukan perilaku dan lebih mungkin menjamin tercapainya masyarakat yang sehat dengan perilaku hidup bersih sehat yang baik ketika mereka dewasa kelak. Penelitian ini dilakukan di TK ABA Tegalsari Yogyakarta dengan menggunakan metode kualitatif naturalistik, hal ini hal ini utuk menjawab tiga pertanyaan penelitian, yaitu : Bagaimana pelaksanaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada anak usia dini di TK ABA Tegalsari Yogyakarta. Metode dan strategi apa yang digunakan dalam penanaman PHBS di TK ABA Tegalsari Yogyakarta, bagaimana perilaku murid dan guru setelah dilaksanakan pendidikan kesehatan Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di TK ABA Tegalsari. Sumber data dari penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, murid dan wali murid, pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan snow ball sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: wawancara, observasi dan dokumentasi, adapun teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif model Miles dan Hubberman yang membagi kegiatan analisis menjadi empat bagian, yaitu: pengumpulan data; reduksi data; penyajian data; dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Berdasar hasil penelistian yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa pelaksanaan pendidikan kesehatan perilaku hidup bersih di TK ABA Tegalsari secara umum telah dilaksanakan dengan baik. Adapun pelaksanaan pendidikan kesehatan yang dilakukan di TK ABA Tegalsari anatar lain adalah: pembiasaan cuci tangan, membuang sampah pada tempatnya, menggosok gigi, tidak merokok, pemberian makanan bergizi, BAB dan BAK di kamar mandi/WC, memotong kuku, menyikat sepatu, dan membersihkan pakaian. Selain itu pendidikan kesehatan tersebut disusun dalam sebuah program kesehatan yang terdiri dari: pemeriksaan kesehatan anak oleh PKU Muhammadiyah Berbah setiap bulan sebanyak satu kali, dan setiap minggu sekali ada pemeriksaan kebersihan anak oleh guru, gosok gigi bersama di sekolah, sebulan sekali ada minum susu bersama di sekolah, jalan sehat bersama setiap minggu ke-4 setiap bulannya, renang setiap sebulan sekali, dilakukan pada akhir bulan, setiap 2 kali (tiap semester) ada pemeriksaan dari Puskesmas. Sedangkan indikator PHBS yang sudah dilaksanakan di TK ABA yaitu: pembiasaan cuci tangan menggunakan sabun, pemeriksaan fisik, pengukuran tinggi badan dan berat badan, pemberian makanan tambahan, larangan merokok di sekolah, dan olah raga yang teratur. Untuk menunjang pelaksanaan pendidikan perilaku hidup bersih dan sehat TK ABA menyediakan sarana dan prasarana yang memadai seperti tersedianya wastafel yang dilengkapi dengan sabun dan serbet bersih, tempat sampah pada masing masing kelas, adanya UKS, tersedianya jamban sehat dan tersedianya saluran pembuangan air limbah. Pelaksanaan pendidikan kesehatan perilaku hidup bersih dan sehat guru-guru di TK ABA Tegalsari menggunakan metode bercerita, pembiasaan, demonstrasi, bercakap-cakap, karyawisata, dan bernyanyi. Sedangkan strategi pembelajaran yang digunakan adalah strategi ekspository dan problem solving. Berdasarkan hasil observasi, umumnya murid-murid di TK ABA sudah berperilaku hidup bersih dan sehat walaupun masih perlu bimbingan dalam pelaksanaannya, hal ini dapat terlihat dari rutinitas cuci tangan yang dilakukan oleh muruid-murid TK sebelum dan sesudah makan yang bisa dilakukan sendiri atau juga atas anjuran guru, anak juga sudah bisa membuang sampah pada tempatnya, berolah raga, sudah dapat membantu guru membereskan kelas atau peralatan belajarnya, bisa mencuci piringnya setelah makan, buang air besar dan kecil di kamar mandi, mereka juga rata-rata tidak jajan sembarangan walaupun masih ada yang suka jajan di luar sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : DR. H. Muh. Anis, M.A.
Uncontrolled Keywords: PENDIDIKAN KESEHATAN, PERILAKU HIDUP BERSIH SEHAT, ANAK USIA DINI
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru RA - PAUD
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 23 Jan 2013 19:35
Last Modified: 20 Mar 2023 08:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6824

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum