PROGRAM PENDIDIKAN KETERAMPILAN DI MADRASAH ALIYAH UMMATAN WASATHON IMOGIRI (Studi Tentang Proses dan Efektivitas Program)

JUNARDI, NIM. 05.221.558 (2007) PROGRAM PENDIDIKAN KETERAMPILAN DI MADRASAH ALIYAH UMMATAN WASATHON IMOGIRI (Studi Tentang Proses dan Efektivitas Program). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PROGRAM PENDIDIKAN KETERAMPILAN DI MADRASAH ALIYAH UMMATAN WASATHON IMOGIRI (Studi Tentang Proses dan Efektivitas Program))
BAB I DAN V.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PROGRAM PENDIDIKAN KETERAMPILAN DI MADRASAH ALIYAH UMMATAN WASATHON IMOGIRI (Studi Tentang Proses dan Efektivitas Program))
BAB II, III, DAN IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (829kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pelaksanaan pendidikan keterampilan di MA “Ummatan Wasathon” Imogiri kelas X, XI, XII tahun ajaran 2006/2007. Adapun kajian pokoknya pada proses pembelajaran pendidikan keterampilan dan efektivitas dari pembelajaran tersebut. Secara umum proses pembelajarann pendidikan keterampilan dapat dikatakan baik dan lancar. Hal ini terlihat pada apa yang direncanakan guru bidang studi pendidikan keterampilan dapat berjalan sesuai dengan apa yang diinginkan. Kesesuaian antara metode mengajar dengan materi pelajaran sangat tepat dengan alokasi waktu yang diberikan. Sehingga hal ini menjadi indikator efektifnya proses pembelajaran pendidikan keterampilan di MA “Ummatan Wasathon” Imogiri tahun ajaran 2006/2007. Sehingga para siswa diharapkan mempunyai keterampilan yang memadai dalam rangka mempersiapkan memasuki dunia kerja setelah lulus dari madrasah apabila tidak melanjutkan belajar ke jenjang yang lebih tinggi. Selain mempunyai keterampilan juga memiliki keimanan dan ketaqwaan yang kuat terhadap Allah swt dengan bekal pelajaran keagamaan. Sehingga keseimbangan IPTEK dan Imtaq menjadi barometer bagi alumni MA “Ummatan Wasathon” Imogiri. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui proses pembelajaran; a) populasi : yang menjadi instrumen dalam penelitian ini adalah pendidik dan peserta didik dalam proses belajar mengajar. b) sampel : dalam penelitian ini sampel diambil dari kelas X 11 siswa, kelas XI 15 siswa, kelas XII 23 siswa tahun ajaran 2006/2007. 2) waktu dan tempat penelitian; penelitian ini dilakukan mulai terhitung bulan Januari dan berakhir bulan Mei tahun 2007, bertempat di MA “Ummatan Wasathon” Imogiri, dengan alamat Manggung, Wukirsari, Imogiri, Bantul, Yogyakarta. 3) metode penelitian; wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa latar belakang diselenggarakannya pendidikan keterampilan adalah untuk membekali siswa keterampilan apabila tidak melanjutkan ke perguruan tinggi.. Sehingga aspek ini dapat dijadikan kekuatan pembebas dari kemiskinan dan keterbelakangan ekonomi. Sesuai slogan “Ummatan Wasathon” yaitu umat yang seimbang antara faktor Imtaq dengan IPTEK. Adapun proses pelaksanaan pendidikan keterampilan di MA “Ummatan Wasathon” Imogiri berjalan baik dan lancar. hal ini terlihat pada kesesuaian antara metode mengajar dengan materi pelajaran dan jumlah waktu yang disediakan. Berdasarkan hal tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pendidikan keterampilan di MA “Ummatan Wasathon” Imogiri Kelas X, XII dan XII tahun ajaran 2006/2007 dapat dikatakan efektif pelaksanaannya karena apa yang direncanakan guru telah sesuai dengan tujuan pembelajaran yang diinginkan dan standar kompetensi yang dipersyaratkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Sembodo Ardi Widodo, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: pendidikan keterampilan, proses dan efektivitas program
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 13 Feb 2013 00:41
Last Modified: 22 Apr 2015 08:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6856

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum