PENGEMBANGAN LAGU MODEL SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN KARAKTER BAGI ANAK USIA DINI

Setyoadi Purwanto, NIM. 09261009 (2011) PENGEMBANGAN LAGU MODEL SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN KARAKTER BAGI ANAK USIA DINI. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN LAGU MODEL SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN KARAKTER BAGI ANAK USIA DINI)
BAB I,V.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN LAGU MODEL SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN KARAKTER BAGI ANAK USIA DINI)
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (506kB)

Abstract

Bernyanyi merupakan salah satu metode yang sering digunakan dalam pendidikan dan pembelajaran bagi anak usia dini, dan lagu adalah sebagai medianya. Kalau saat ini Kemendiknas mencanangkan pendidikan karakter pada semua jenjang, maka sudah seharusnya jika lagu-lagu yang dinyanyikan oleh anak-anak usia dini juga dapat dijadikan sebagai media pendidikan. Ada empat persoalan mendasar mengapa lagu-lagu yang dinyanyikan oleh anak-anak belum seluruhnya mampu memberikan pengaruh terhadap pembentukan karakter positif mereka, yaitu, pertama, langkanya lagu anak-anak yang tepat sebagai media pendidikan yang by design. Kedua, pemanfaatan lagu-lagu model pembelajaran masih sangat terbatas. Ketiga, wawasan guru tentang metode dan ragam aktivitas nilai yang menggunakan lagu model dalam pembelajaran masih sangat minim, dan keempat, bergesernya selera musik anak-anak kepada lagu-lagu remaja bahkan dewasa. Berangkat dari permasalahan tersebut, tesis ini bertujuan untuk menghasilkan produk lagu model yang dapat digunakan sebagai media pendidikan karakter bagi anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research & Development (R&D). Model pengembangan dalam penelitian ini mengadopsi teori pengembangan Stephen M.Alessi dan Stanley R. Trollip. Adapun teori yang digunakan adalah lagu model dari Madyo Ekosusilo dan karakteristik lagu anak usia dini oleh HM.Affandi, serta 18 nilai pendidikan karakter dan budaya bangsa oleh Puskur Kemendiknas. Tahapan penelitian dalam tesis ini meliputi: analisis, desain, dan pengembangan. Pengembangan dilakukan setelah memperoleh validasi ahli materi, ahli media serta ujicoba lapangan terbatas. Hasil penelitian ini diperoleh rerata skor dari penilaian ahli media dan uji lapangan terbatas kepada siswa maupun guru sebesar 4,53 yang bila dikonversikan ke dalam data kualitatif menunjukkan bahwa lagu-lagu model karakter (20 LK-AUDI) dalam tesis ini masuk kategori sangat baik, karena X>4,2. Dengan demikian, penelitian ini menghasilkan temuan baru berupa 20 lagu sebagai media pendidikan karakter bagi anak usia dini Indonesia yang diberi label “20 LK-AUDI”.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Prof. Dr. H. Sutrisno, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, lagu, model, media pendidikan, karakter, anak usia dini
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User / Editor: Users 5 not found.
Date Deposited: 13 Feb 2013 00:51
Last Modified: 24 Apr 2015 15:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6858

Actions (login required)

View Item View Item