PENGARUH PERSEPSI NASABAH TENTANG PROFITABILITAS DAN LIKUIDITAS TERHADAP LOYALITAS NASABAH PENYIMPAN ( Studi kasus Bank Muamalat Indonesia Cabang Yogyakarta )

Rudiyanto, NIM. 07233415 (2009) PENGARUH PERSEPSI NASABAH TENTANG PROFITABILITAS DAN LIKUIDITAS TERHADAP LOYALITAS NASABAH PENYIMPAN ( Studi kasus Bank Muamalat Indonesia Cabang Yogyakarta ). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PERSEPSI NASABAH TENTANG PROFITABILITAS DAN LIKUIDITAS TERHADAP LOYALITAS NASABAH PENYIMPAN ( Studi kasus Bank Muamalat Indonesia Cabang Yogyakarta ))
Bab I, V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PERSEPSI NASABAH TENTANG PROFITABILITAS DAN LIKUIDITAS TERHADAP LOYALITAS NASABAH PENYIMPAN ( Studi kasus Bank Muamalat Indonesia Cabang Yogyakarta ))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (972kB)

Abstract

Kepercayaan suatu lembaga keuangan merupakan modal yang tiada terhitung, perBankan merupakan salah satu dari lembaga keuangan yang tidak terlepas dari hal tersebut. Profitabilitas dan Likuiditas merupakan salah satu indikator yang bisa di jadikan nasabah sebagai salah satu instrument yang sangat penting dalam memilih Bank untuk menyimpan maupun menginvestasikan dananya. Namun kedua instumen ini memiliki efek yang saling bertolak belakang dalam implementasinya, disaat Bank ingin memaksimalkan profitnya, yang mana salah satu faktor yang paling menentuka adalah volume pembiayaan yang besar pula sehingga kondisi likuiditasnya terancam. Hal ini di akibatkan karena profit identik dengan modal yang besar, jadi ketika pihak manajemen Bank ingin memaksimalkan pendapatannya maka voume pembiayaannya juga harus ditingkatkan. Kondisi ini mengakibatkan pada menipisnya persiapan modal yang otomatis berimplikasi pada melemahnya likuiditas Bank. Tesis ini mengkaji tentang sejauh mana persepsi nasabah tentang tingkat Pofitabilitas BMI mempengaruhi tingkat loyalitas nasabah untuk menyimpan dananya di Bank Muamalat Indonesia cabang Yogyakarta, demikian juga dengan Kondisi Likuiditas BMI. Hal ini yang akan diuji dengan menggunkan alat angket yang akan di berikan kepada semua nasabah BMI cabang Yogyakarta di dua kantor yaitu kantor cabang DIY dan cabang kas UGM. Metode penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif yaitu dengan menggunakan regresi linier berganda. Metode ini di gunakan karena menguji tiga variable. Dimana dua variable bebas yang berfungsi sebagai predictor terhadap variable tergantung, dengan menguji sejauh mana variable profitabilitas dan likuiditas serta kedua variable tersebut secara bersamaan mempengaruhi loyalitas nasabah penyimpan pada BMI cabang Yogyakarta. Hasil penelitian yang diperoleh adalah kedua variable predictor : profitabilitas dan likuiditas berpengaruh positif terhadap tingkat loyalitas pada Bank Muamalat Indonesia cabang Yogyakarta, dari hasil olah data yang di lakukan terhadap kuesener yang di isi oleh responden, di peroleh koefisien regresi profitabilitas sebesar 0,202 dengan tingkat keeratan hubungan 4.08% dan likuiditas memiliki koefisien regresi sebesar 0,375 dengan tingkat keeratan hubungan sebesar 14.06%. sementara pengaruh profitabilitas dan Likuiditas secara bersama- sama terhadap loyalitas sebesar 0.455.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Mamduh M. Hanafi, MBA, PhD.
Uncontrolled Keywords: PERSEPSI, NASABAH, PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, LOYALITAS NASABAH, PENYIMPAN
Subjects: Ekonomi Islam
Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User / Editor: Users 5 not found.
Date Deposited: 13 Feb 2013 09:00
Last Modified: 16 Apr 2015 03:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6875

Actions (login required)

View Item View Item