BISNIS PROPERTI DAN POTENSINYA BAGI BTN SYARI’AH CABANG YOGYAKARTA

MUHAMMAD HAKIM, NIM. 03.233.254 (2007) BISNIS PROPERTI DAN POTENSINYA BAGI BTN SYARI’AH CABANG YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (BISNIS PROPERTI DAN POTENSINYA BAGI BTN SYARI’AH CABANG YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (432kB) | Preview
[img] Text (BISNIS PROPERTI DAN POTENSINYA BAGI BTN SYARI’AH CABANG YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (315kB)

Abstract

Penulis mengangkat tema tentang bisnis properti berangkat dari sebuah kegelisahan akademis pada sebuah realitas bahwa bisnis properti yang pada saat krisis ekonomi sangat terpuruk ternyata sanggup cepat bangkit secara mengejutkan pada tahun 2000, dengan pertumbuhan kapitalisasi pada sektor tersebut mencapai 83,15%. Di sisi lain, BTN juga mampu bangkit dari krisis ekonomi karena bank tersebut merubah kebijakan manajemennya dengan menjadikan sektor properti sebagai core business-nya. BTN Syari’ah yang juga mengfokuskan pembiayaanya pada sektor tersebut di tengah persaingan yang semakin ketat dengan bank-bank konvensional yang relatif lebih mapan merupakan hal yang sangat menarik dan mendorong penulis untuk melakukan penelitian ini. Berangkat dari fenomena tersebut, penulis menemukan bebarapa rumusan permasalahan dalam penelitian ini, yakni: apakah potensi bisnis properti? Apakah strategi BTN Syari’ah cabang Yogyakarta untuk memanfaatkan potensi bisnis properti? Dan bagaimana pengaruh bisnis properti terhadap BTN Syari’ah Cabang Yogyakarta? Adapun untuk memecahkan masalah tersebut penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya, dalam rangka menjawab ketiga rumusan permasalahan di atas, data-data yang sudah terkumpul tersebut dianalisis dengan mengacu pada teori analisis SWOT, strategi pemasaran bank Syari’ah, dan teori hubungan saling menguntungkan (resiprocal relationship). Ada beberapa temuan setelah penulis menganalisis terhadap kekuatan (Strength), kelemahan (Weakness), peluang (Opportunity) dan ancaman (Threat) yang ada pada bisnis properti, disimpulkan bahwa bisnis tersebut mempunyai potensi strategis karena mampu menyerap tenaga kerja yang sangat besar sekaligus prospektif karena kebutuhan akan perumahan terus meningkat, terlebih jumlah penduduk Indonesia yang saat ini mencapai sekitar 245 juta jiwa dan laju pertumbuhan penduduk yang sekitar 2 % pertahun, jelas bahwa bisnis properti mempunyai potensi yang sangat menjanjikan baik dalam skala nasional maupun skala lokal (baca: Yogyakarta). Selanjutnya, strategi yang digunakan BTN Syari’ah cabang Yogyakarta adalah penetrasi pasar, pengembangan produk, dan diversifikasi produk. Adapun pengaruh bisnis properti bagi BTN Syari’ah meliputi pengaruh bisnis properti bagi pengembangan kualitas funding, kualitas financing, dan diversifikasi produk. Beberapa temuan lain bahwa sebuah bank agar dapat tetap eksis perlu memiliki core bisnis pada sektor tertentu yang sifatnya prospektif dan strategis. Bank syari’ah sebagai lembaga keuangan yang masih relaif baru perlu terus mengenalkan dan mengembangkan produk-produknya pada nasabah dan kerjasama dengan pihak-pihak lain yang terkait - khususnya para akademisi dan praktisi lapangan - harus terus dijalin secara berkesinambungan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Prof. Dr. H. Abd. Salam Arief, MA.
Uncontrolled Keywords: RELASI, TUHAN, MANUSIA, PEMIKIRAN
Subjects: Ekonomi Islam
Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 13 Feb 2013 16:11
Last Modified: 16 Apr 2015 09:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6876

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum