STRATEGI BANK SYARIAH MANDIRI CABANG CIK DI TIRO YOGYAKARTA DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN NASABAH (Analisis Marketing Mix

Joharuddin, NIM. 04.233.296 (2007) STRATEGI BANK SYARIAH MANDIRI CABANG CIK DI TIRO YOGYAKARTA DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN NASABAH (Analisis Marketing Mix. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (STRATEGI BANK SYARIAH MANDIRI CABANG CIK DI TIRO YOGYAKARTA DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN NASABAH (Analisis Marketing Mix)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI BANK SYARIAH MANDIRI CABANG CIK DI TIRO YOGYAKARTA DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN NASABAH (Analisis Marketing Mix)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Strategi Bank Syariah Mandiri Cabang Cik Di Tiro Yogyakarta dalam meningkatkan kepuasan nasabah dibidang marketing mix. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, sebelumnya angket diuji validitas dan reliabilitasnya. Sampel yang diambil sebanyak 40 responden dengan menggunakan Tekhnik Random Sampling. Tekhnik analisa data yang digunakan yaitu Analisa Deskriptif yang digunakan untuk mengetahui karakteristik nasabah. Tekhnik analisa kedua dengan menggunakan analisis Kesenjangan (GAP Analysis) dengan memasukkan atribut pertanyaan ke dalam diagram Kartesisu. analsis selanjutnya adalah menggunakan analisis Indeks Kepuasan Nasabah yang digunakan untuk mengetahui sikap nasabah terhadap atribut yang diujikan. Kemudian digunakan Analisa Multiatribut Model Angka-Ideal untuk mengetahui konfigurasi atribut tersebut dalam tingkat keidealan. terakhir penulis menganalisis dibidang marketing mix untuk mengetahui Strategi Bank Syariah Mandiri Cabang Cik Di Tiro Yogyakarta di bidang produk, harga, promosi dan distribusi. Dari hasil analisis diperoleh hasil bahwa semua atribut baik yang berada dalam derajat kepuasan maupun derajat kepentingan adalah valid dan reliabel. Dari analisis kesenjangan diperoleh hasil bahwa hanya tiga atribut yang berada pada kuadran D yang merupakan daerah yang tinggi tingkat kepentingan nasabah namun rendah tingkat kepuasan yang diterima yaitu atribut Keunggulan Teknologi, Bagi Hasil/Keuntungan Memuaskan dan Tempat Nyaman dan Mudah dijangkau. Kemudian ada 4 atribut yang berada Kuadran A yang merupakan daerah dimana nasabah tidak terlalu mementingkannya namun tingkat kepuasan yang diperoleh tinggi, yang terdiri dari Produk Beragam, Sesuai dengan Kebutuhan, keamanan dan Reputasi Bank Bagus. Kemudian ada 7 atribut yang berada Kuadran B yang merupakan daerah atribut yang mempunyai kepentingan yang tinggi juga kepuasan yang tinggi, ketujuh atribut itu adalah kerahasiaan nasabah terjamin, sesuai dengan syariah, penetapan minimal tabungan/deposito sesuai dengan kemampuan keuangan saya, keterangan petugas jelas, setiap transaksi nudah dan cepat, lokasi sangat strategis dan pelayanan cepat dan memuaskan. Kemudian ada 7 atribut yang berada pada Kuadran C yang merupakan daerah yang menunjukkan tingkat kepentingan dan kepuasan yang rendah. Yang terdiri dari atribut bertransaksi di Bank Syariah Mandiri bergengsi, biaya jasa bank rendah, biaya yang dikeluarkan sesuai dengan jasa yang diterima, promosi menarik, produk sesuai dengan iklan, iklan tidak mengada-ada/berlebihan dan Parkir Luas. Kemudian diperoleh hasil dari indeks kepuasan nasabah bahwa kepuasan nasabah sebesar 13.769 yang berada pada rentang skala Puas, yang berarti bahwa tingkat kepuasan nasabah adalah puas. Dari hasil Analisis Multiatribut Model Angka-Ideal diperoleh hasil bahwa secara keseluruhan memperoleh nilai Ideal sebesar –60.9 yang berada pada kategori Cukup. Sedangkan untuk peratributnya, atribut Keamanan merupakan atribut yang memiliki angka mendekati angka Ideal yaitu sebesar 1.975, mendekati angka Ideal maksimum sebesar 0, sedangkan atribut Sesuai dengan Syariah merupakan atribut yang memiliki angka Ideal paling rendah di antara seluruh atribut yang ada sebesar 3.85 jauh dari angka Ideal. Dari analisa marketing mix dibidang produk, harga, promosi dan distribusi bahwa Bank Syariah Mandiri Cabang Cik Di Tiro Yogyakarta telah memenuhi dan meningkatkan kepuasan nasabah dalam marketing mix walaupun beberapa atribut membutuhkan peningkatan kinerja.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Hamim Ilyas, M.A.
Uncontrolled Keywords: BANK SYARIAH MANDIRI, KEPUASAN NASABAH, MARKETING MIX
Subjects: Ekonomi Islam
Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 13 Feb 2013 18:25
Last Modified: 16 Apr 2015 09:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6888

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum