KONSEP PLURALISME DALAM BUKU TEKS (TEXT BOOKS) PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SMA KURIKULUM 2006/KTSP

KHAERIL ANWAR, NIM. 05.221.559 (2007) KONSEP PLURALISME DALAM BUKU TEKS (TEXT BOOKS) PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SMA KURIKULUM 2006/KTSP. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (KONSEP PLURALISME DALAM BUKU TEKS (TEXT BOOKS) PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SMA KURIKULUM 2006/KTSP)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img] Text (KONSEP PLURALISME DALAM BUKU TEKS (TEXT BOOKS) PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SMA KURIKULUM 2006/KTSP)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (346kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menemukan muatan konsep pluralisme internal agama Islam dalam buku teks pelajaran PAI SMA Kelas X, XI, XII kurikulum 2006; (2) mengekplorasi mengapa konsep atau wacana pluralisme internal agama Islam penting dimasukkan dalam buku ajar PAI SMA Kelas X, XI, XII kurikulum 2006; (3) mengeksplorasi apa kelemahan buku ajar tersebut dalam perspektif pluralisme; dan (4) menawarkan bagaimana format internalisasi konsep pluralisme internal agama Islam dalam buku ajar PAI SMA Kelas X, XI, XII kurikulum 2006. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, yakni mengumpulkan data, objek penelitian terfokus pada konsep pluralisme agama Islam pada buku teks PAI SMA Kelas X, XI, XII kurikulum 2006. Data diperoleh melalui buku teks PAI SMA Kurikulum 2006 serta undang-undang pemerintah dan peraturan pemerintah tentang pendidikan nasional sebagai sumber data skunder. Data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan metode analisis literatur dengan menggunakan kerangka analisis filosofis yang terkait dengan konsep-konsep pluralisme. Metode pemecahan masalah melalui perenungan terarah, rasionalistik, dan konstruktif. Data yang diperoleh dianalisis, dipahami, direfleksi, diberi makna, ditafsirkan, dideskripsikan dan dinilai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam buku ajar bidang studi PAI SMA Kelas X, XI, XII Kurikulum 2006, tidak ditemukan sama sekali konsep yang berhubungan dengan konsep pluralisme, maupun multikultur. PAI SMA Kurikulum 2006 banyak menekankan aspek tekstualis-skriptualis berupa kerangka normatif (aturan-aturan Tuhan), aturan ritualistik, maupun sejarah, sehingga peneliti men-justifikasi bahwa PAI SMA Kelas X, XI, XII Kurikulum 2006 masih banyak membahas fiqh oriented dan sejarah oriented. Memang dalam materi PAI tersebut banyak memuat aspek akidah dan akhlak, akan tetapi inti pembahasannya sangat tidak menunjukkan akidah dan akhlak terhadap penghargaan bagi agama-agama lain maupun terhadap mazhab dalam Islam. Hal itu ditunjukkan dengan minimnya muatan, nilai-nilai atau konsep-konsep akidah, akhlak dan moral terhadap orang lain yang berbeda pandangan, aliran, atau mazhab. Padahal dalam kurikulum 2006 melalui Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) merekomendasikan diantaranya setiap satuan pendidikan diberikan keluasaan untuk mengembangkan kurikulum dan materi yang akan diajarkan sesuai dengan prinsif relevansi maupun kebutuhan masyarakat setempat. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan kepada pemerintah pusat maupun daerah, begitu juga terhadap guru PAI di sekolah, dan dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam pengambilan dalam upaya mencari pola serta model implementasi paradigma baru pendidikan agama yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr. H. Tasman Hamami, M.A.
Uncontrolled Keywords: Pluralisme, buku teks
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User / Editor: Users 5 not found.
Date Deposited: 13 Feb 2013 12:50
Last Modified: 22 Apr 2015 01:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6907

Actions (login required)

View Item View Item