MOTIVASI BELAJAR DALAM PERSPEKTIF HADÎTS NABI

HAERUL BADRI, NIM. 03.221.447 (2007) MOTIVASI BELAJAR DALAM PERSPEKTIF HADÎTS NABI. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (MOTIVASI BELAJAR DALAM PERSPEKTIF HADÎTS NABI)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img] Text (MOTIVASI BELAJAR DALAM PERSPEKTIF HADÎTS NABI)
BAB II, III, IV, V, VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (572kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang Motivasi Belajar dalam Perspektif Hadits Nabi, sebagai solusi alternative dunia pendidikan yang masih mengalami kesulitan dalam menangani anak didik yang tidak dapat mengeksplorasi potensi dirinya secara maksimal untuk melakukan kegiatan belajar. Berdasarkan penelitian para ahli pendidikan, fenomena itu terjadi karena berbagai factor yang dialami anak didik baik intern dan maupun ekstern : 1. Faktor intern anak didik, meliputi sisi: kognitif (ranah cipta) seperti rendahnya tingkat kecerdasan, sisi afektif (ranah rasa) seperti emosi yang tidak stabil, dan psikomotorik(ranah karsa) seperti terganggunya fungsi-fungsi indrawi. 2. Faktor ekstern anak didik meliputi faktor: sekolah seperti sekolah yang tanpa kelengkapan fasilitas belajar, factor keluarga seperti suasana keluarga yang tidak edukatif, dan factor lingkungan seperti tidak adanya pengaturan jam belajar masyarakat. Berbagai bentuk motivasi telah digalakkan untuk menumbuhkan keinginan belajar, seperti: menumbuhkan kesadaran pentingnya belajar, pujian, reward, judgement, mengadakan ulangan dan menunjukkan hasilnya, belajar melalui model (belajar dari pengalaman orang lain), dan temu tokoh, namun hasilnya belum mengembirakan. Untuk itu, penelitian ini akan melihat: 1. kemungkinan adanya motivasi belajar dari Nabi Muhammad saw. sebagai motivasi alternatif khususnya bagi para pendidik untuk membangkitkan kesadaran belajar peserta didiknya dengan pendekatan spiritual untuk membantu mereka yang mengalami kesulitan belajar, 2. kemungkinan aplikasi motivasi belajar dalam perspektif hadits untuk semua bidang ilmu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif: melakukan pengumpulan data penelitian, yaitu bahan-bahan pustaka yang berkaitan dengan judul yang sudah ditentukan. Kemudian langkah berikutnya ialah menganalisis data yang tersedia. Dari hasil penelitian ini dapat ditemukan adanya motivasi belajar dalam perspektif hadits yang diungkap secara tematik. Sedangkan bentuk-bentuk motivasi yang ditemukan, secara keseluruhan dikaitkan dengan dimensi spiritual. Hal itu sejalan dengan tujuan belajar dalam perspektif hadits yaitu untuk mencari ridla Allah. Sedangkan bertambahnya ilmu, tertanamnya konsep/ ketrampilan, dan tumbuhnya keteladanan merupakan dampak dari pencarian ridla Allah melalui usaha belajar itu. Bentuk-bentuk motivasi belajar itu, di antaranya: dimudahkan jalannya menuju surga, para malaikat memberi hormat, menggolongkan kedalam amal fi sabilillah, dan mendudukkan derajat ahli ilmu itu sebagai pewaris para nabi. Berbagai bentuk motivasi dalam perspektif hadits tersebut tidak hanya diaplikasikan untuk untuk ilmu-ilmu fardlu ‘ain, yang mengikat muslimin-muslimat secara individual, tetapi juga untuk ilmu-ilmu fardlu kifayah, yang mengikat muslimin-muslimat sebagai satu kesatuan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Suryadi, MA.
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, hadis nabi
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 13 Feb 2013 20:08
Last Modified: 22 Apr 2015 08:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6910

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum