NILAI-NILAI DAN KONSEP PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PENDIDIKAN ISLAM

AINUN HAKIEMAH, NIM. 04221538 (2007) NILAI-NILAI DAN KONSEP PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PENDIDIKAN ISLAM. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI DAN KONSEP PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PENDIDIKAN ISLAM)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (325kB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI DAN KONSEP PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PENDIDIKAN ISLAM)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (544kB)

Abstract

Tesis yang berjudul ”Nilai-nilai dan Konsep Pendidikan Multikultural dalam Pendidikan Islam” ini dibuat sebagai kajian mengenai multikultural dan pendidikan multikultural dalam konteks keislaman. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya realitas kekayaan dan keragaman budaya yang disertai adanya konflik di Indonesia yang mana banyak penganut Islam yang terlibat di dalamnya, sehingga dianggap perlu untuk mengkaji 1) bagaimana nilai-nilai pendidikan multikultural berdasarkan ajaran Islam, 2) bagaimana konsep pendidikan multikultural dalam pendidikan Islam dan 3) apa saja faktor-faktor yang sekiranya menjadi penghambat ketika pendidikan multikultural tersebut dilaksanakan. Tujuan dari penelitian ini antara lain untuk mengetahui dan mengkaji nilainilai pendidikan multikultural yang terdapat dalam ajaran Islam. Selanjutnya dengan mengetahui nilai-nilai tersebut akan digunakan untuk mengetahui dan mengkaji konsep pendidikan multikultural dalam pendidikan Islam dan pada akhirnya akan dikaji dan diketahui berbagai faktor yang sekiranya akan menjadi penghambat pada saat pendidikan multikultural tersebut diterapkan dalam pendidikan Islam. Manfaat yang diharapkan dari penelitian ini antara lain: memberikan masukan untuk pengembangan keilmuan, memberikan wacana baru mengenai pendidikan multikultural dalam konteks keislaman, dan memberikan satu alternatif konsep pendidikan multikultural dalam pendidikan Islam, serta memberikan pengetahuan mengenai standar pergaulan bagi dunia pendidikan Islam dalam mengajarkan kehidupan sosial, masyarakat yang beragam dan berbeda budayanya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan sosiologis untuk mengkaji realitas pendidikan Islam yang terjadi saat ini. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan. Proses pengumpulan data dilakukan melalui pencarian berbagai literatur (pustaka) kemudian dicek silang data-data yang berasal dari berbagai sumber pustaka dan diambil data yang paling bisa dipercaya. Selanjutnya data-data tersebut dianalisis dan disintesiskan menjadi fakta-fakta melalui pendekatan dan metode di atas. Hasil dari penelitian ini antara lain: 1) terdapat keselarasan antara nilainilai pendidikan multikultural dengan nilai-nilai yang terdapat dalam ajaran Islam. 2) Konsep pendidikan multikultural dalam pendidikan Islam di Indonesia dari aspek kurikulum adalah: a) tujuannya ditekankan pada berbuat baik terhadap sesama manusia dan menciptakan kehidupan yang baik; b) materi yang diajarkan yaitu mengenai nilai-nilai multikultural yang selaras dengan ajaran Islam; c) metode pembelajaran lebih ditekankan pada metode dialog, diskusi, dan problem solving; e) evaluasi ditekankan pada kesadaran peserta didik terhadap keragaman budaya dan berbagai bias yang terdapat di masyarakat. Sedangkan pada aspek kurikulum, evaluasi dilakukan dengan mengkritisi keberadaan kurikulum yang diberlakukan, oleh seluruh subyek pendidikan. 3) Faktor-faktor yang dimungkinkan menjadi penghambat antara lain dari aspek perubahan dan perbaikan kurikulum, kemiskinan dan kesenjangan ekonomi, perbedaan pola pikir, dan kultur politik di Indonesia yang tidak berpihak pada kepentingan rakyat. Rekomendasi dari penelitian ini antara lain: 1) penerapan pendidikan multikultural sudah semestinya segera dilakukan, 2) Peran serta lembaga-lembaga pendidikan Islam sangat dibutuhkan dalam menyikapi segala perbedaan dan keragaman budaya yang merupakan suatu keniscayaan, 3) Peran serta para guru dalam dialog agama dan budaya perlu ditingkatkan, dan 4) Penelitian lebih lanjut mengenai penerapan bentuk pendidikan dari komponen sistem pendidikan lainnya sangat diperlukan juga penelitian mengenai ada tidaknya pengaruh kondisi masyarakat yang multikultural di daerah konflik dengan terjadinya konflik di Indonesia.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Prof. Dr. H. M. Bahri Ghazali, M. A.
Uncontrolled Keywords: pendidikan multikultural, pendidikan islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User / Editor: Users 5 not found.
Date Deposited: 13 Feb 2013 13:23
Last Modified: 22 Apr 2015 01:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6913

Actions (login required)

View Item View Item