KOMUNIKASI ORANG TUA DAN ANAK PERSPEKTIF KISAH DALAM AL-QUR’AN

Robitoh Widi Astuti, NIM. 09213642 (2012) KOMUNIKASI ORANG TUA DAN ANAK PERSPEKTIF KISAH DALAM AL-QUR’AN. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (KOMUNIKASI ORANG TUA DAN ANAK PERSPEKTIF KISAH DALAM AL-QUR’AN)
BAB I,V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (KOMUNIKASI ORANG TUA DAN ANAK PERSPEKTIF KISAH DALAM AL-QUR’AN)
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Tesis ini merupakan penelitian tentang komunikasi orang tua dan anak perpektif kisah dalam al-Qur‟an, dan bertujuan untuk mengeksplorasi ragam komunikasi, meliputi pola, aneka, serta gaya bahasa yang dijalin dan digunakan oleh tujuh pasang orang tua dan anak yang menjadi objek penelitian ini. Adapun ketujuh pasang orang tua dan anak yang memenuhi kualifikasi untuk dijadikan objek penelitian ini adalah: Nabi Nuh dan Kan‟an; Nabi Ibrahim, Nabi Ismail, dan Azar; Nabi Ya‟qub dan Nabi Yusuf; Nabi Musa dan Ibunya; Syaikh Madyan dan Putrinya; serta Luqman dan Putranya. Dengan mengetahui ragam komunikasi dalam kisah-kisah tersebut, maka akan memudahkan untuk memotret pesan-pesan moral yang ada di dalamnya. Penelitian ini merupakan penelitian bercorak library murni dengan menggunakan pendekatan tafsir, khususnya metode maud}u>‘i>. Metode maud}u>‘i> dipilih karena dinilai paling tepat -setidaknya hingga saat ini-, untuk mengkaji konsep-konsep al-Qur'an tentang suatu masalah, bila diharapkan suatu hasil yang utuh dan komprehensif. Karena penelitian ini menyangkut al-Qur'an secara langsung, maka sumber pertama adalah kitab suci al-Qur'an. Mushaf yang digunakan sebagai pegangan adalah Mushaf Departemen Agama. Sumber lainnya meliputi kitab-kitab tafsir, buku, dan tulisan-tulisan lain yang terkait dengan tema penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi orang tua dan anak perspektif kisah dalam al-Qur‟an memiliki pola dengan Model Stimulus-Respons (S-R), Model ABX, serta Model Interaksional. Komunikasi yang terjadi bisa dipetakan menjadi komunikasi langsung maupun tidak langsung. Komunikasi langsung bisa berupa komunikasi verbal, nonverbal, maupun interpersonal. Sedangkan komunikasi tidak langsung terjadi ketika komunikator dan komunikan dihubungkan oleh pihak ke tiga. Adapun gaya bahasa komunikasi yang dipakai setidaknya ada dua; kalimat interogatif (pertanyaan), dan kalimat imperatif (perintah dan larangan). Pesan moral yang bisa diambil yaitu bahwa al-Qur‟an telah mendeklarasikan pentingnya komunikasi dalam sebuah keluarga sebagai pembentuk kepribadian seorang anak. Beberapa kisah juga menunjukkan metode-metode menyampaikan nasihat yang efektif dan menyenangkan, serta beberapa permasalahan yang mungkin timbul di antara orang tua dan anak beserta solusinya. Kisah-kisah al-Qur‟an juga memberikan tuntunan kepada para keluarga dalam menghadapi telikungan globalisasi; tentang pentingnya menjadikan orang tua atau anak sebagai mitra dialog, saling memahami karakter, menerapkan dialog dengan tema bermutu seperti yang dicontohkan oleh para tokoh dalam kisah al-Qur‟an, memberikan teladan tentang pembagian kasih sayang antar anak, serta pentingnya mengelola rasa cemburu. Penelitian ini memberikan kontribusi positif dalam menyebarkan hikmah-hikmah al-Qur‟an, mengajarkan bagaimana akhlak berkomunikasi antara orang tua dan anak, serta membantu menjawab masalah sehari-hari dalam dunia orang tua dan anak sebagai sebuah konseling keluarga yang Islami, agar tercipta keluarga yang saki>nah mawaddah wa rah}mah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Prof. Dr. H. Muhammad Chirzin, M.Ag
Uncontrolled Keywords: KOMUNIKASI, ORANG TUA, ANAK, PERSPEKTIF KISAH DALAM AL-QUR’AN
Subjects: Aqidah Filsafat
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta > Aqidah Filsafat
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Agama dan Filsafat
Depositing User / Editor: S.kom Fatchul Hijrih
Date Deposited: 13 Feb 2013 13:54
Last Modified: 15 Apr 2015 08:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6914

Actions (login required)

View Item View Item