PENGEMBANGAN CD INTERAKTIF PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK SISWA MADRASAH ALIYAH

Renti Yasmar, NIM. 092241113 (2011) PENGEMBANGAN CD INTERAKTIF PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK SISWA MADRASAH ALIYAH. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img] Text (PENGEMBANGAN CD INTERAKTIF PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK SISWA MADRASAH ALIYAH)
BAB I.pdf - Published Version

Download (1269Kb)
[img] Text (PENGEMBANGAN CD INTERAKTIF PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK SISWA MADRASAH ALIYAH)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6Mb)
[img] Text (PENGEMBANGAN CD INTERAKTIF PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK SISWA MADRASAH ALIYAH)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (55Kb)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Media Pembelajaran bahasa Arab yang layak untuk siswa Madrasah Aliyah kelas X dilihat dari hasil validasi ahli materi, ahli media dan respon guru serta siswa terhadap CD Interaktif Pembelajaran Bahasa Arab yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan tahapan yang terdiri dari (1) analisis kebutuhan, (2) desain pembelajaran (3) pengembangan produk, (4) Validasi ahli media dan ahli materi (5) respon guru dan siswa, (6) Produk Akhir. Proses validasi dilakukan oleh dua ahli media dan satu ahli materi. Subjek penelitian adalah guru Bahasa Arab Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta tingkat Aliyah berjumlah 2 orang dan siswa kelas X Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta berjumlah 30 siswa. Data diperoleh menggunakan angket untuk ahli media dan ahli materi serta respon siswa terhadap media yang dikembangkan pada aspek pembelajaran, aspek materi, aspek tampilan dan aspek pemrograman. Data dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian ahli materi terhadap kelayakan CD Interaktif Pembelajaran Bahasa Arab dari aspek pembelajaran dengan rerata 4,17 (baik) dan aspek materi dengan rerata 4,00 (baik). Penilaian ahli media terhadap kelayakan CD Interaktif Pembelajaran Bahasa Arab dari aspek tampilan dengan rerata 4,15 (baik) dan aspek pemrograman dengan rerata 4,00 (baik). Hasil respon guru terhadap CD Interaktif Pembelajaran bahasa Arab menunjukkan bahwa guru memberikan respon positif terhadap CD Interaktif Pembelajaran Bahasa Arab dilihat dari aspek pembelajaran dengan rerata 4,12 (baik), aspek materi dengan rerata 4,16 (baik), aspek tampilan dengan rerata 4,19 (baik), dan aspek pemrograman dengan rerata 4,21 (baik). Hasil tanggapan atau respon siswa terhadap CD Interaktif Pembelajaran bahasa Arab menunjukkan bahwa siswa memberikan respon positif terhadap CD Interaktif Pembelajaran Bahasa Arab dilihat dari aspek pembelajaran dengan rerata 4,12 (baik), aspek materi dengan rerata 4,10 (baik), aspek tampilan dengan rerata 4,07 (baik), dan aspek pemrograman dengan rerata 4,12 (baik). Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa CD Interaktif pembelajaran bahasa Arab yang dikembangkan layak digunakan untuk siswa Madrasah Aliyah kelas X.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Abdul Munib, M.Ag
Uncontrolled Keywords: PENGEMBANGAN CD INTERAKTIF, PEMBELAJARAN BAHASA ARAB, SISWA MADRASAH ALIYAH
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Program Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: S.kom Fatchul Hijrih
Date Deposited: 13 Feb 2013 14:19
Last Modified: 13 Feb 2013 14:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6921

Actions (login required)

View Item View Item