MANAJEMEN PENDIDIKAN PESANTREN DARUL HIKMAH KUTOARJO JAWA TENGAH

IYUS HERDIANA SAPUTRA , NIM. 07.223.815 (2009) MANAJEMEN PENDIDIKAN PESANTREN DARUL HIKMAH KUTOARJO JAWA TENGAH. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img] Text (MANAJEMEN PENDIDIKAN PESANTREN DARUL HIKMAH KUTOARJO JAWA TENGAH)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1766Kb)
[img] Text (MANAJEMEN PENDIDIKAN PESANTREN DARUL HIKMAH KUTOARJO JAWA TENGAH)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (398Kb)

Abstract

Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi, serta untuk menghadapi persaingan diera globalisasi dibutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas dan bermoral. Pondok pesantren sebagai pendidikan dan pengajaran ilmuilmu keagamaan (tafaqquh fiddin) sampai saat ini masih menjadi tumpuhan dan harapan masyarakat. Eksistensi pondok pesantren hingga saat ini tidak lepas dari peran serta masyarakat dalam menjaga, melestarikan, dan mengembangkan, sehingga terbentuk kemandirian didalamnya. Keberadaan lembaga tersebut menjadi alternative dari sekian pendidikan yang ada di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang: a) Pelaksanaan pendidikan pesantren Darul Hikmah Kutoarjo; b) Model pengembangan manajemen pendidikan pesantren Darul Hikmah Kutoarjo. Masalah penelitian ini akan menitikberatkan pada bagaimana Perencanaan, Pengorganisasian, Pengkoordinasian dan Pengawasan/Pengendalian Pendidikan Pesantren Darul Hikmah Kutoarjo Jawa Tengah. Untuk menjawab permasalahan penelitian digunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptiif – analisis. Data diperoleh dari Kyai, Pengasuh, Direktur Pesantren, Kepala Sekolah SMP-SMA Darul Hikmah, Ustadz, TU, Santri dan Wali Santri (masyarakat). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi participant, wawancara, dan penelitian dokumen. Data tersebut di analisis melalui empat jalur kerja secara simultan yakni koleksi data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : a) Model Pendidikan Pesantren Darul Hikmah adalah pendidikan pesantren dibawah naungan Yayasan Darul Hikmah Kutoarjo. Pola pendidikan pesantren Darul Hikmah adalah Pola Pendidikan Pesantren modern yang berbasis asrama. Dalam mengembangkan manajemen Pesantren Darul Hikmah (PPDH) menggunakan model Manajemen Berdasarkan Sasaran (MBS) atau Management by Objektive (MBO). Sasaran yang yang ingin dicapai PPDH adalah fokus pada pendidikan; c) Untuk mencapai pendidikan ini, maka langkah-langkah manajemen yang di tempuh PPDH adalah : 1) Perencanaan. Model perencanaan yang dikembangkan PPDH adalah model perencanaan strategis yang terdiri atas sistem perencanaan, penyusunan program dan penganggaran; b) Pengorganisasian. Pengorganisasian di PPDH, menggunakan sistem desentralisasi dalam pembagian wewenang maupun tugas serta pengembangannya; 3) Pengkoordinasian. Pengkoordinasian PPDH dilakukan dalam usaha mempersatukan rangkaian aktivitas penyelenggaraan PPDH dalam rangka meningkatkan kerjasama, kebersamaan antara pejabat organisasi PPDH semaksimal mungkin; 4) Pengawasan. Pengawasan pengelolaan PPDH meliputi pemantauan, supervisi, evaluasi, pelaporan dan tindak lanjut hasil pengawasan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Prof. Drs. H. Sarbiran , Ph.D
Uncontrolled Keywords: manajemen, pendidikan, pesantren
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Program Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Taufiq Kurniawan SIP.
Date Deposited: 13 Feb 2013 15:11
Last Modified: 13 Feb 2013 15:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6929

Actions (login required)

View Item View Item