MANAJEMEN PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN Studi Kasus Pada Pondok Pesantren Aji Mahasiswa Al-Muhsin Di Krapyak Wetan Yogyakarta

M. Yusuf Hamdani, NIM. 03223503 (2009) MANAJEMEN PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN Studi Kasus Pada Pondok Pesantren Aji Mahasiswa Al-Muhsin Di Krapyak Wetan Yogyakarta. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN Studi Kasus Pada Pondok Pesantren Aji Mahasiswa Al-Muhsin Di Krapyak Wetan Yogyakarta)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN Studi Kasus Pada Pondok Pesantren Aji Mahasiswa Al-Muhsin Di Krapyak Wetan Yogyakarta)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (545kB)

Abstract

Pondok Pesantren Aji Mahasiwa Al-Muhsin di Krapyak Wetan, Yogyakarta merupakan lembaga pendidikan non formal yang menggabungkan antara sistem tradisional dengan sistem modern. Pemikiran tentang pentingnya manajemen pendidikan di pondok pesantren dipandang sebagai suatu kebutuhan agar dapat tetap bertahan di tengah-tengah persaingan dan globalisasi, serta sebagai landasan untuk perkembangan di masa yang akan datang. Manajemen pendidikan memiliki peran penting agar pondok pesantren dapat berjalan secara efektif dan efisien sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Oleh sebab itu penulis tertarik untuk mengadakan penelitian mengenai manajemen pendidikan di Pondok Pesantren Aji Mahasiswa Al-Muhsin di Krapyak Wetan Yogyakarta. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui penerapan manajemen pendidikan pada Pondok Pesantren Aji Mahasiswa Al-Muhsin di Krapyak Wetan Yogyakarta; (2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan menghambat penerapan manajemen pendidikan pada Pondok Pesantren Aji Mahasiswa Al-Muhsin di Krapyak Wetan Yogyakarta. Data dalam penelitian ini digali dari mereka yang memiliki peran kunci sebagai pengambil keputusan dalam proses pendidikan, yaitu pengasuh pondok, kepala bidang pengajaran/akademik, kepala bidang keuangan/kerumahtanggaan, kepala bidang penelitian dan pengembangan, kepala bidang kemahasiswaan/ kesantrian, dan kepala kesekretariat. Sedangkan metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara/interview, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan Pondok Pesantren Aji Mahasiswa Al- Muhsin sudah menerapkan manajemen pendidikan, mulai dari perencanaan, pengorganisasian, penyusunan personalia, pengarahan, dan pengawasan, tetapi masih belum optimal. Dalam penerapan manajemen pendidikan tersebut ada faktor-faktor yang mendukung dan menghambat. Faktor-faktor yang mendukung penerapan manajemen pendidikan adalah adanya dukungan dari seluruh warga pondok, tersedianya fasilitas yang memadai, adanya kerjasama dengan instansi terkait, adanya kesamaan visi dan loyalitas warga pondok, pengembangan SDM, serta laporan dari masing-masing bidang dan teguran langsung sebagai tindakan preventif. Sedangkan faktor-faktor yang menghambat meliputi perbedaan persepsi, pengasuh kurang fokus mengelola pondok, perbedaan latar belakang, keterbatasan personil, tata kerja yang masih tumpang tindih, masalah rekrutmen, kaderisasi, rendahnya gaji, dan pengawasan yang belum optimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr. Mahmud Arief, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: manajemen, pendidikan, pondok pesantren
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User / Editor: Users 5 not found.
Date Deposited: 13 Feb 2013 15:17
Last Modified: 23 Apr 2015 08:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6930

Actions (login required)

View Item View Item