PENDIDIKAN PESANTREN MENURUT PEMIKIRAN TUAN GURU KYAI HAJI MUHAMMAD ZAINUDDIN ABDUL MADJID

Muazzatun Adawiyah, NIM. 07.221.696 (2009) PENDIDIKAN PESANTREN MENURUT PEMIKIRAN TUAN GURU KYAI HAJI MUHAMMAD ZAINUDDIN ABDUL MADJID. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN PESANTREN MENURUT PEMIKIRAN TUAN GURU KYAI HAJI MUHAMMAD ZAINUDDIN ABDUL MADJID)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (695kB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN PESANTREN MENURUT PEMIKIRAN TUAN GURU KYAI HAJI MUHAMMAD ZAINUDDIN ABDUL MADJID)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (578kB)

Abstract

Tesis yang berjudul “Pendidikan Pesantren Menurut Pemikiran Tuan Guru Kyai Haji Muhammad Zainuddin Abdul Madjid” ini dibuat sebagai kajian tokoh. Penelitian ini berangkat dari kondisi social masyarakat , kondisi religious, kondisi politik dan kondisi pendidikan di Pulau Lombok pada saat itu masih terbelakang dari segala bidang terutama bidang ilmu pengetahuan dan ekonomi. Untuk mengatasi kondisi masyarakat tersebut lahirlah pemikiran Syaikh Zainuddin untuk mendirikan pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk memahami pemikiran Syaikh Zainuddin tentang pesantren dan faktor-faktor yang mempengaruhi pemikirannya yang dimanifestasikan dalam lembaga pesantren yang didirikannya dan mengetahui bagaimana relevansinya dengan pendidikn pesantren saat ini. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan dan dipadukan dengan penelitian lapangan yang dilakukan melalui pendekatan sosio-historis, sedangkan teori yang digunakan adalah teori tentang pesantren. Sumber data diperoleh melalui wawancara, dan dokumentasi. Analisis dilakukan dengan metode Content Analisys. Hasil penelitian menyatakan bahwa, pemikiran Syaikh Zainuddin tentang pendidikan pesantren banyak dipengaruhi oleh latar belakang keluarga, pendidikan dan lingkungannya. Mengenai pandangannya tentang pesantren dapat dilihat dalam peraktik pemikirannya yang diformulasikan dalam lembanga pendidikan pesantren yang diasuhnya yang meliputi komponen-komponen pendidikan, yaitu tujuan pendidikan pesantren, materi pendidikan pesantren, metode pengajaran pendidikan pesantren, karaktaristik pendidik, dan etika anak didik. pemikiran pendidikan Syaikh Zainuddin sangat relevan dengan konteks pendidikan pesantren dewasa ini. Sebagaimana yang telah dijelaskan pada komponen-komponen pendidikan pesantren menurut pemikiran Syaikh Zainuddin terdahulu.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Prof. Dr. H. Nizar Ali, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: pendidikan pesantren
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User / Editor: Users 5 not found.
Date Deposited: 13 Feb 2013 22:28
Last Modified: 23 Apr 2015 15:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6932

Actions (login required)

View Item View Item