RELEVANSI PENDIDIKAN BERBASIS MASYARAKAT DENGAN KONSEP PENDIDIKAN ISLAM

Masyruhin Rosyid, NIM. 07.221.695 (2010) RELEVANSI PENDIDIKAN BERBASIS MASYARAKAT DENGAN KONSEP PENDIDIKAN ISLAM. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (RELEVANSI PENDIDIKAN BERBASIS MASYARAKAT DENGAN KONSEP PENDIDIKAN ISLAM)
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[img] Text (RELEVANSI PENDIDIKAN BERBASIS MASYARAKAT DENGAN KONSEP PENDIDIKAN ISLAM)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (351kB)

Abstract

Pendidikan dilaksanakan untuk mengawal tumbuh kembang manusia sepanjang rentang kehidupannya mulai dari dalam kandungan hingga akhir hayatnya (long life education). Akan tetapi akhir-akhir ini banyak sekali praktikpraktik pendidikan formal maupun non formal yang justru malah mengacaukan perjalanan tumbuh kembang manusia, anak didik masuk sekolah guna mempersiapkan tantangan dimasa depan akan tetapi setelah menyelesaikan proses pembelajarannya anak didik merasa asing dalam lingkungannya ditambah lagi anak didik sebagian merasa kurang percaya diri dan timbullah ketergantungan terhadap ijazah, sehingga dari tahun ketahun semakin bertambahlah para pengangguran dan ironisnya mereka adalah golongan intelek. Dari latar belakang masalah tersebut memunculkan beberapa petanyaan: 1)Mengapa pendidikan selama ini kurang memberikan solusi bagi problem masyarakat? 2) Bagaimanakah proses pemberdayaan masyarakat bagi peningkatan pendidikan? 3) Bagaimana konsep pendidikan berbasis masyarakat dan Relevansi dengan pendidikan Islam? Bahasan ini berusaha mengupas dan membahas tentang bagaimanakah sebenarnya alternatif model pendidikan yang bisa berguna bagi anak didik dalam lingkungan serta memberdayakan lingkungan dengan segala keterbatasan dan potensi yang ada dalam masyarakat tersebut Penelitian ini termasuk library reseach,yaitu sumber primer datanya dari al-Qur'an, dan dibantu analisanya dengan beberapa pemikiran dari para tokoh mufassir dan tokoh-tokoh pendidikan tentang tema Pendidikan Berbasis Masyarakat. Teknik analisa dalam penelitian ini adalah content analysis dan interpretatif hermeneutik Hasil penelitian ini adalah bahwasannya dari segi tujuan pendidikan berbasis masyarakat dengan pendidikan Islam terdapat beberapa unsur yang relevan diantaranya akhlak dan terciptanya pendidikan seumur hidup. akhlak mempunyai penjabaran yang sangat luas, kata akhlak ada dua macam yakni mahmudah dan mazmu’ah. Dalam uraian akhlak mahmudah tersirat makna melakukan sesuatu hal yang baik pada kondisi dan situai tertentu hal ini mungkin searah dengan action. Jadi menurut analisa penulis ada relevansi antara tujuan pendidikan berbasis masyarakat dengan tujuan pendidikan Islam pada umumnya yakni menjadikan pribadi yang mempunyai akhlak mulia atau terpuji. Kalau kita lihat lebih dalam, Pendidikan berbasis masyarakat mengedepankan action (tindakan atau sikap) guna mengatasi berbagai kekurangan yang mencakup beberapa aspek baik skill, penyuluhan ekonomi maupun agama. Action disini dapat sebut sebagai akhlak mahmudah: sebagai gambaran sebuah masyarakat mengetahui ada salah satu aspek yang mengalami permasalahan atau kekurangan, kemudian dengan situasi dan kondisi seperti ini pendidikan berbasis melakukan sebuah action, yakni action yang sesuai dengan situasi dan kondisi singkat kata action yang memberi manfaat. Kemudian terciptanya pendidikan seumur hidup pada pendidikan berbasis masyarakat seperti yang diterangkan diatas, pendidikan tersebut secara tidak langsung masyarakat dituntut untuk selalu kritis dalam setiap kekurangan atau permasalahan yang terjadi dalam wilayah masyarakat tersebut. Dengan begitu seiring berjalannya proses yang selalu kritis maka muncullah proses belajar yang terus-menerus atau bisa disebut juga dengan belajar seumur hidup. Hal ini sesuai dengan pendidikan Islam yang mengusung paradigma belajar “tuntutlah ilmu dari buaian sampai ke liang lahat”. Arti luas pendidikan seumur hidup atau bias disebut juga dengan pendidikan sepanjang hayat (lifelong education). Hasil penelitian ini diharapkan menjadikan kontribusi dalam keilmuan maupun praktik pendidikan bahwasannya pendidikan menjadi basic guna menghadapi tantangan anak didik bukan menjadi salah satu penghambat daya kreatifitas anak didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr. H. Sumedi, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: pendidikan berbasis masyarakat, pendidikan islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User / Editor: Users 5 not found.
Date Deposited: 13 Feb 2013 15:57
Last Modified: 23 Apr 2015 08:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6939

Actions (login required)

View Item View Item