PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI, AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IX A SMP NEGERI 2 CIGUGUR

Aang Taufik, NIM. 08221030 (2010) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI, AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IX A SMP NEGERI 2 CIGUGUR. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI, AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IX A SMP NEGERI 2 CIGUGUR)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI, AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IX A SMP NEGERI 2 CIGUGUR)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah atau di madrasah, dalam pelaksanaannya masih menunjukkan berbagai permasahalan yang kurang menyenangkan. Seperti halnya proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah saat ini masih sebatas sebagai proses penyampaian “pengetahuan tentang Agama Islam.” Hanya sedikit yang arahnya pada proses internalisasi nilai-nilai Islam pada diri siswa. Hal ini dapat dilihat dari proses pembelajaran yang dilakukan guru masih dominan ceramah atau pembelajaran yang bercorak tradisonal cenderung teacher centered, top down, siswa pasif, dan sangat text book. Model pembelajaran tersebut tidak saja menjenuhkan bagi peserta didik, akan tetapi juga membunuh kreatifitas, daya nalar, dan tidak meaningful karena apa yang dipelajari siswa di kelas sangat jauh dengan realitas yang ada, bahkan cenderung abstrak. Proses internalisasi tidak secara otomatis terjadi ketika nilai-nilai tertentu sudah dipahami oleh siswa. Artinya, metode ceramah yang digunakan guru ketika mengajar PAI berpeluang besar gagalnya proses internalisasi nilai-nilai agama Islam pada diri siswa, hal ini disebabkan siswa kurang termotivasi untuk belajar materi Pendidikan Agama Islam. Berawal dari latar belakang tersebut penelitian ini bertujuan mengubah proses belajar di kelas dari corak tradisional ke corak kooperatif yang di dalamnya inheren pengembangan kecerdasan majemuk. Implementasi pembelajaran kooperatif pada PAI dalam penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan daya tarik siswa terhadap materi pelajaran PAI, meningkatkan prestasi belajar PAI, dan menjadikan PAI sebagai bagian dalam dalam kehidupan peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian terapan yang bertujuan untuk menerapkan konsepsi tentang multiple intelegences dan pembelajaran kooperatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan action research. Action research merupakan kajian tentang situasi sosial dengan maksud untuk meningkatkan kualitas tindakan di dalamnya. Langkah-langkah dalam penelitian tindakan kelas menjadi perencanaan tindakan, tindakan, observasi, dan diakhiri dengan refleksi dalam setiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam pembelajaran PAI mampu meningkatkan aktivitas belajar PAI siswa. Pada siklus I keaktifan siswa sebesar 76%, sedangkan siklus II sebesar 88%, dengan rata-rata siklus I dan siklus II sebesar 82%. Model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw juga dapat meningkatkan motivasi belajar PAI siswa. Hal ini terlihat dari prosentase peningkatan motivasi belajar PAI siswa sebesar 32.19% pada data awal (sebelum diterapkan model Kooperatif Tipe Jigsaw) sebesar 49.31%, dan meningkat pada siklus I sebesar 77.66%, serta pada siklus II sebesar 81.50% setelah diterapkan model Kooperatif Tipe Jigsaw, atau meningkat 3.84% dari siklus I ke Siklus II baik diluar maupun di dalam kelas. Dengan rata-rata prosentase nilai motivasi belajar PAI siswa antara siklus I dan siklus II sebesar 79.58%. Prestasi belajar PAI siswa juga mengalami peningkatan setelah diterapkannya model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Hal ini terlihat dari prosentase ketuntasan belajar secara klasikal yaitu pada siklus I sebesar 81.25%, dan pada siklus II sebesar 90.63%. Dengan rata-rata peningkatan siklus I dan siklus II dari data awal sebesar 85.94%. 100% siswa baru mengaplikasikan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di kelas pada pelajaran PAI, dan belum mnerapkan pada mata pelajaran lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr. H. Sumedi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: pembelajaran kooperatif, tipe jigsaw, motivasi, aktivitas, prestasi belajar
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User / Editor: Users 5 not found.
Date Deposited: 13 Feb 2013 16:05
Last Modified: 23 Apr 2015 08:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6940

Actions (login required)

View Item View Item