KOMPETENSI GURU SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DALAM PENYUSUNAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) PADA KELOMPOK KERJA MADRASAH (KKM) TINGKAT MADRASAH TSANAWIYAH KABUPATEN SIGI PROVINSI SULAWESI TENGAH

Alam Sriyanto, NIM. 09.226.087 (2011) KOMPETENSI GURU SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DALAM PENYUSUNAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) PADA KELOMPOK KERJA MADRASAH (KKM) TINGKAT MADRASAH TSANAWIYAH KABUPATEN SIGI PROVINSI SULAWESI TENGAH. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (KOMPETENSI GURU SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DALAM PENYUSUNAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) PADA KELOMPOK KERJA MADRASAH (KKM) TINGKAT MADRASAH TSANAWIYAH KABUPATEN SIGI PROVINSI SULAWESI TENGAH)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKAa.pdf - Published Version

Download (561kB) | Preview
[img] Text (KOMPETENSI GURU SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DALAM PENYUSUNAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) PADA KELOMPOK KERJA MADRASAH (KKM) TINGKAT MADRASAH TSANAWIYAH KABUPATEN SIGI PROVINSI SULAWESI TENGAH)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tesis ini membahas kajian tentang “Kompetensi Guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada Kelompok Kerja Madrasah (KKM) Tingkat Madrasah Tsanawiyah Kabupaten Sigi Provinsi Sulawesi Tengah”, masalah kajian meliputi; Bagaimana kompetensi guru dalam penyusunan KTSP Bidang Studi Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di lingkungan KKM Tingkat Madrasah Tsanawiyah Kabupaten Sigi Sulawesi Tengah? Faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam penyusunan KTSP bidang studi SKI di lingkungan KKM Tingkat Madrasah Tsanawiyah Kabupaten Sigi Sulawesi Tengah? Mengikuti paradigma kualitatif dalam bentuk penelitian lapangan (field research), data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan proses analisis reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Secara garis besar dalam penyusunan KTSP, setiap guru mestinya memiliki kompetensi dalam penyusunan silabus maupun dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), sebab silabus dan RPP merupakan kerangka inti dari KTSP. Dari hasil observasi, wawancara, dan pemeriksaan dokumen yang berkaitan dengan penyusunan KTSP bidang studi SKI di wilayah KKM Tingkat MTs. Kabupaten Sigi, dapat disimpulkan bahwa kompetensi guru SKI di wilayah KKM Tingkat MTs. Kabupaten Sigi dalam penyusunan KTSP adalah baik, sebab: Pertama, mampu merealisasikan enam dari tujuh indikator kompetensi dalam penyusunan silabus, meliputi; memahami Standar Kompetensi Kompetensi Dasar (SKKD), mampu menentukan materi standar sesuai SKKD, mampu menentukan kegiatan pembelajaran, mampu merumuskan indikator yang akan dicapai dalam pembelajaran, mampu menentukan bentuk penilaian, mampu mengalokasikan waktu. Kedua, mampu merealisasikan empat dari enam indikator dalam penyusunan RPP, meliputi; mampu menentukan materi berdasarkan indikator dalam silabus, mampu menentukan strategi dan metode pembelajaran, mampu megembangkan kegiatan pembelajaran berdasarkan metode pembelajaran, mampu menjabarkan teknik evaluasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Abdul Mustaqim, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: kompetensi guru, sejarah kebudayaan islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 13 Feb 2013 23:41
Last Modified: 24 Apr 2015 15:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6947

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum