NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM BUKU-BUKU AJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (Telaah atas Buku Pelajaran SKI Kelas XII Madrasah Aliyah)

Muhamad Ali Lintuhaseng, NIM. 09226089 (2011) NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM BUKU-BUKU AJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (Telaah atas Buku Pelajaran SKI Kelas XII Madrasah Aliyah). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM BUKU-BUKU AJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (Telaah atas Buku Pelajaran SKI Kelas XII Madrasah Aliyah))
BAB I, VI, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1620Kb)
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM BUKU-BUKU AJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (Telaah atas Buku Pelajaran SKI Kelas XII Madrasah Aliyah))
BAB II, III, IV, V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4061Kb)

Abstract

Materi pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah sejatinya memiliki konstribusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati terhadap sejumlah fakta-fakta sejarah umat Islam, yang mengandung nilai-nilai kearifan yang dapat digunakan untuk melatih kecerdasan, membentuk sikap, watak, dan kepribadian peserta didik. Akan tetapi bila di cermati secara kritis materi pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam khusus yang tersaji dalam sejumlah buku-buku pelajaran di Madrasah Aliyah tidak jarang ditemukan materi yang “bias” dan “paradoks” serta bernuansa “kekerasan” atau lebih banyak mengungkap atau mengurai tentang perang, ekspansi wilayah, dan perebutan kekuasaan, apakah kemudian masih ada nilai lain yang tersembunyi dibalik sejumlah uraian yang bias-paradoks tersebut, dalam kerangka inilah penelitian ini diarahkan untuk mengungkap bagaimana muatan nilai pendidikan multikultural dalam materi pembejaran Sejarah Kebudayaan Islam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, sementara berdasarkan objek kajian, maka penelitian ini termasuk penelitian library research dengan menggunakan metode analisis konten, dengan dua model yaitu analisis kejelasan isi dan analisis isi tersembunyi (Abbas Tashakkori dan Charles Teddlie) dan kemudian penyajian datanya dalam bentuk deskripsi, tabel, dan diagram lingkaran agar mudah dipahami. Temuan penelitian ini adalah, pertama, nilai pendidikan multikultural dalam fitur, rubrikasi, dan uraian materi dalam buku pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas XII Madrasah Aliyah belum “proporsional”, dimana tidak semua nilai pendidikan multikultural dalam fitur, rubrikasi, dan uraian materi pada setiap pokok bahasan diakomodasi, kemudian tingkat sebaran nilai dalam fitur, rubrikasi, dan uraian materi pada setiap pokok bahasan belum merata, serta porsi muatan masing-masing nilai dalam fitur, rubrikasi, dan uraian materi pada setiap pokok bahasan belum berimbang. Kedua, terintegrasinya nilai pendidikan multikultural dalam SKI akan melahirkan produk yang kental muatan kelembutan sejarah daripada kekerasan sejarah, sehingga akan berkonstribusi positif dalam mewujudkan wajah sosial yang toleran, demokratis, berkeadilan, penghormatan atas hak asasi manusia, kebersamaan, kesetaraan, cinta kasih, dan kedamaian demi harmoni kehidupan ditengah sebuah realitas keragaman, serta akan melahirkan sebuah wajah pendidikan yang senantiasa memahami dan memposisikan realitas keragaman masyarakat sebagai sebuah hal yang positif-produktif dan kemudian direkonstruksi serta direproduksi secara arif dan bijak untuk kepentingan mewujudkan harmoni kehidupan kemanusiaan yang berkeadilan dan berkeadaban.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Abdul Mustaqim, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: pendidikan multikultural, buku-buku ajar, sejarah kebudayaan islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Kebudayaan Islam
Divisions: Program Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Taufiq Kurniawan SIP.
Date Deposited: 13 Feb 2013 17:32
Last Modified: 13 Feb 2013 17:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6956

Actions (login required)

View Item View Item