PEMANFAATAN BLOG SEBAGAI MEDIA DAN SUMBER BELAJAR ALTERNATIF QUR’AN HADITS TINGKAT MADRASAH ALIYAH

Zainal Muttaqien, NIM. 09.226.004 (2011) PEMANFAATAN BLOG SEBAGAI MEDIA DAN SUMBER BELAJAR ALTERNATIF QUR’AN HADITS TINGKAT MADRASAH ALIYAH. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PEMANFAATAN BLOG SEBAGAI MEDIA DAN SUMBER BELAJAR ALTERNATIF QUR’AN HADITS TINGKAT MADRASAH ALIYAH)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (666kB) | Preview
[img] Text (PEMANFAATAN BLOG SEBAGAI MEDIA DAN SUMBER BELAJAR ALTERNATIF QUR’AN HADITS TINGKAT MADRASAH ALIYAH)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Salah satu tantangan pendidikan dewasa ini adalah membangun keterampilan abad 21, di antaranya adalah keterampilan melek teknologi informasi dan komunikasi, keterampilan berpikir kritis dan sistemik, keterampilan memecahkan masalah, keterampilan berkomunikasi efektif dan keterampilan berkolaborasi. Keterampilan tersebut itulah yang menurut PBB merupakan ciri dari masyarakat era global saat ini, yaitu masyarakat berpengetahuan (knowledge-based scoiety). Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) terutama internet, memiliki potensi yang sangat besar sebagai sarana atau alat untuk membangun keterampilan tersebut dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, dalam pendidikan modern, guru dituntut untuk mampu mengintegrasikan TIK dalam proses pembelajaran. Penelitian tesis ini secara teoritik bertujuan untuk memberikan wawasan dan pengetahuan praktis bagi para guru madrasah terkait pemanfaatan teknologi internet dalam hal ini diwakili oleh blog. Oleh karena banyaknya tudingan terhadap rendahnya kualitas kemampuan guru madrasah dalam memanfaatkan teknologi informasi komunikasi baik sebagai pengayaan metode, sebagai media pembelajaran dan sebagai sumber belajar alternatif di madrasah maka diharapkan melalui penelitian ini dapat menginspirasi para guru madrasah agar mampu membuat sebuah blog pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pustaka (library research), yaitu penelitian yang objek utamanya adalah buku-buku perpustakaan dan literatur-literatur lainya seperti koran, majalah, makalah, laporan-laporan penelitian dan benda-benda tertulis lainnya termasuk website dan blog di internet. Penelitian jenis ini lebih banyak bersifat selain deskriptif juga bertujuan mengembangkan teori terkait teknologi pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa blog merupakan web yang dapat dibangun guru madrasah dengan mudah tanpa perlu pengetahuan teknis terkait bahasa pemrograman pembuatan web seperti java, html dan lain sebagainya. Sebuah weblog dapat dibangun secara instant, mengikuti petunjuk yang ada pada penyedia layanan weblog. Yang perlu diperhatikan hanya pada aspek pengelolaan konten dan mengkustomisasinya dengan sejumlah pengaturan yang berorientasi pada tujuan dan kepentingan pembelajaran. Sebagai sebuah media dan sumber belajar alternatif blog dinilai cukup strategis untuk memperkaya materi pembelajaran qur’an hadits tingkat madrasah aliyah. Dengan adanya blog yang bisa diakses kapan saja dan dimana saja, proses pembelajaran tidak berhenti hanya sampai di kelas atau di madrasah. Di rumah, di warnet, atau di manapun, para siswa bisa melanjutkan proses pembelajarannya dengan cara membaca tulisan dari gurunya di blog, sekaligus berdiskusi di sana.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Prof. Dr. H. Nizar Ali, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: blog, media, sumber belajar, al-qur;an, hadis, madrasah
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User / Editor: Users 5 not found.
Date Deposited: 14 Feb 2013 00:38
Last Modified: 24 Apr 2015 15:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6957

Actions (login required)

View Item View Item